Arab Saudi Setop Umrah, Travel di Parepare Tetap Buka Pendaftaran

Hasrul Nawir - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 17:38 WIB
Sejumlah travel umrah di Parepare masih membuka pendaftaran jemaah di saat Saudi menghentikan sementara umrah (Hasrul Nawir/detikcom)
Sejumlah travel umrah di Parepare masih membuka pendaftaran jemaah di saat Saudi menghentikan sementara umrah. (Hasrul Nawir/detikcom)
Parepare -

Pemerintah Arab Saudi resmi mengeluarkan surat keputusan menghentikan masuknya kunjungan turis ke negaranya, termasuk menunda kunjungan ibadah umrah, sampai batas waktu yang belum ditentukan. Meski begitu, sejumlah travel agent di Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), masih membuka pendaftaran umrah.

Sardiyanto, staf admin Sa'I Tour and Travel, mengatakan, meski telah ada informasi penghentian masuknya turis ke Arab Saudi, antusiasme masyarakat masih terbilang tinggi.

"Kami baru ada pemberangkatan tanggal 24 Maret, pendaftarnya baru 10 orang namun biasanya bertambah. Tetap kami terima pendaftaran sambil berkoordinasi dengan teman-teman di asosiasi. Semoga ada kabar baik dan regulasi tersebut secepatnya dicabut," kata Sardiyanto kepada wartawan, Kamis (27/2/2020).

Sardiyanto mengaku pihak travel juga telah menyiasati, jika nantinya saat hari pemberangkatan, penghentian kunjungan umrah belum dicabut.

"Karena memang kita sudah koordinasi dengan para jemaah terkait masalah tersebut, penundaan bisa saja terjadi, namun akan segera diberangkatkan jika regulasi dicabut," terangnya.

Bagian Informasi Travel Zakiyah Dina Tayyibah, Awal Ahmad, mengatakan hal serupa. Pihaknya mengaku pendaftaran jemaah umrah tetap dibuka sambil menunggu informasi dari pimpinan mereka.

"Tetap kami jalankan, meskipun sudah mempertanyakan bagaimana pendaftarannya," ungkap Awal Ahmad.

Awal mengaku sejatinya pihaknya akan memberangkatkan 180 jemaah yang dijadwalkan akan berangkat pada 7 Maret dan 17 Maret mendatang. "Itu pun juga kami masih menunggu petunjuk pimpinan," terangnya.

(jbr/jbr)