Pemerintah Negosiasi Loloskan Jemaah Umrah yang Terlanjur Berangkat

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 17:10 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin
Foto: ANTARA/Fransiska Ninditya
Belitung -

Beberapa jemaah Indonesia baru mendarat di Saudi tadi siang meski terdapat larangan ibadah umrah dari Arab Saudi. Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut tengah melakukan negosiasi agar jemaah dapat tetap umrah.

"Ya kita lagi dinegosiasi, ya mereka supaya mereka menunggu, nanti (sedang diurus) dengan pihak kedutaan kita di sana ya," ujar Ma'ruf di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Kamis (27/2/2020).

Ma'ruf meminta, jemaah Indonesia untuk dapat menunggu selama proses negosiasi. Tidak hanya itu, disebutkan pemerintah juga mengusahakan agar Indonesia tidak masuk dalam negara yang dilarang umrah.

"Sedang diusahakan, supaya mereka menunggu, supaya yang ada tetap (bisa umrah) dan yang belum juga tidak di-stop," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno LP Marsudi, memanggil Dubes Arab Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abed al-Thaqafi. Retno dan Essam membahas kebijakan Saudi yang menghentikan sementara izin untuk melakukan umrah.

Pada kesempatan tersebut, Retno bertanya apakah bisa jemaah dari Indonesia yang baru mendarat di Saudi tetap bisa beribadah umrah. Menurut Retno, baru saja ada jemaah yang baru mendarat di Saudi tadi siang.

"Saya tadi menyampaikan apakah bisa untuk yang sudah terbang itu dan akan segera mendarat waktu tadi saya bicara itu pukul 8 waktu Saudi akan ada pendaratan pertama dari Indonesia sekitar pukul 1 siang. Jadi teman-teman baik yang di Riyadh maupun di Jeddah dan dari saya, dari Jakarta juga melakukan pendekatan kiranya yang sudah terlanjur landing itu dapat di perkenankan untuk umrah walaupun katakanlah ada pemeriksaan-pemeriksaan kesehatan dan sebagainya kita serahkan," ujar Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (27/2/2020).

Diketahui, Arab Saudi melarang kunjungan warga negara asing untuk memasuki wilayahnya sementara waktu karena penyebaran virus corona (COVID-19). Tak hanya melarang kunjungan dalam rangka ibadah umrah, Saudi juga menghentikan sementara kunjungan ke Masjid Nabawi, Madinah.

(dwia/zlf)