KBRI 'Kawal' 5 Pesawat Jemaah Umrah RI yang Dalam Perjalanan ke Saudi

Indra Komara - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 16:22 WIB
Penerbangan dari RI menuju Saudi.
Penerbangan dari RI menuju Saudi. (Foto: Dok. Capture flight radar)
Jakarta -

Pemerintah Arab Saudi menangguhkan sementara kedatangan jemaah umrah dari luar negaranya, termasuk dari Indonesia. Namun ternyata ada dua pesawat jemaah RI yang sudah menuju Madinah di hari yang sama dengan pengumuman penghentian umrah ini.

Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengatakan, KBRI 'mengawal' langsung keberangkatan dua pesawat yang mengangkut jemaah asal Surabaya dan Jakarta. Pihak KBRI akan memastikan dua pesawat itu aman sampai Saudi.

"Kita juga sedang pastikan dua flight aman. Yaitu dari Jakarta dan Surabaya. Hanya dua flight yang bisa terbangkan umrah dari Jakarta SV 817 dan SV 3591 dari Surabaya," kata Agus Maftuh, kepada wartawan, Kamis (27/1/2020).



Agus mengatakan, total ada 437 jemaah asal RI yang terlanjur diterbangkan ke Madinah di dalam dua pesawat tersebut. Sementara penerbangan jemaah lain di Jakarta dibatalkan.

"Yang SV 819 dari Jakarta yang akan angkut 317 jemaah dicancel," paparnya.

Penerbangan dari RI menuju Saudi. Penerbangan dari RI menuju Saudi. (Foto: Dok. Capture flight radar)

Agus menambahkan, tiga penerbangan juga dikonfirmasi berangkat ke Saudi.

"Untuk Garuda GA 980 nanti sore jam 17.00 sudah dikoordinasikan dengan pihak otoritas Bandara Jeddah. JT112 Palembang-Madinah sedang dikoordinasikan. JT100 Surabaya aman," lanjut dia.

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk menangguhkan sementara kedatangan jemaah umrah dari luar negaranya. Hal itu diungkapkan pihak Kementerian Luar Negeri Arab Saudi pada Kamis waktu setempat.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2