Ungkit Pansus Jiwasraya, Benny K Harman: DPR Bukan Cabang Eksekutif

Mochamad Zhacky - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 15:43 WIB
Benny K Harman
Benny K Harman (Dok. DPR)
Jakarta -

Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI Benny K Harman menyinggung soal usulan pembentukan panitia khusus (pansus) hak angket Jiwasraya saat rapat paripurna. Benny mengingatkan pimpinan DPR bahwa DPR bukan lah kantor cabang eksekutif.

Hal itu disampaikan Benny saat menginterupsi jalannya rapat paripurna yang digelar di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (27/2/2020). Dia awalnya mempersoalkan sikap pimpinan DPR yang tidak membacakan usulan pembentukan pansus hak angket Jiwasraya yang diajukan Demokrat dan PKS.

"Yang kami soalkan pada saat ini adalah, mengapa pimpinan yang kami hormati dan banggakan tidak membacakan usulan para pengusung sebagaimana yang diminta UU MD3 dan peraturan perundang-undangan. Di depan ada Doktor Aziz Syamsuddin yang tahu betul isi UU MD3," kata Benny dalam rapat.

Fraksi Demokrat bersama PKS diketahui telah mengajukan usulan pembentukan pansus hak angket Jiwasraya. Saat itu pengajuan diserahkan ke Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin.

Kembali ke Benny. Setelah mempertanyakan, kemudian Benny menyampaikan pesannya kepada pimpinan DPR.

"Ketua Dewan yang sangat kami banggakan, pimpinan, bapak/ibu di depan ini adalah pimpinan Dewan. Bukan kantor cabang kekuasaan eksekutif yang bapak/ibu pimpin. Itu saja yang kami ingatkan," sebutnya.

Simak Juga Video "Kuasa Hukum Benny Tjokro Laporkan Dirut Jiwasraya ke Polda Metro"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2