Kena! Polisi Tilang Pemobil 'Freestyle' di Jalan Tol Makassar

Reinhard Soplantila - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 14:24 WIB
Pengemudi nyetir berdiri sambil buka pintu mobil di Makassar (Screenshot video viral)
Foto: Pengemudi nyetir berdiri sambil buka pintu mobil bak freestyler di Makassar (Screenshot video viral)
Makassar -

Aksi berbahaya seorang pria mengemudi dengan gaya badan berdiri di pintu mobil layaknya freestyler di jalan tol Kota Makassar, Sulsel, viral di media sosial. Pemobil freestyle itu kini ditilang!

Pelaku yang diketahui bernama Muhammad Islam (32), teridentifikasi berdasarkan foto nomor pelat kendaraan yang didapatkan dari Jasa Marga selaku pengelola jalan tol. Polisi lalu menghubungi pelaku hingga akhirnya telah bertemu.

"Untuk hari ini kita sudah bertemu pengemudi yang sempat viral di media sosial di mana aksi tersebut dapat membahayakan dirinya dan orang lain itu juga melanggar Undang-Undang Lalu Lintas. Upaya yang sudah dilakukan setelah aksi viral itu kami telusuri, kami kerja sama Jasa Marga, kami dapati foto kendaraan dan nomor pelat, kami lihat di Instagram dan dia punya Instagram hingga kami dapat kontak dan alhamdulillah hari ini kita dapat bertemu dengan pengemudi tersebut," kata Wakil Direktur Lantas Polda Sulsel, AKBP Soliyah, pada Kamis (27/2/2020).

Pengemudi tersebut juga langsung dikenakan sanksi tilang karena aksinya itu melanggar peraturan terkait berkendara tanpa menggunakan sabuk pengaman dan berkendara dengan tidak wajar.

"Kami sudah tilang karena dia sudah melanggar pasal 106 dan pasal 289 di mana pengemudi tidak menggunakan safety belt dan pasal 106 ayat 1 di mana pengemudi mengendarai dengan tidak wajar dan tanpa berkonsentrasi," ucap Soliyah.

Dalam video viral yang disebarkan oleh netizen ke media sosial Instagram @sosmedmakassar, terlihat seorang pria mengemudikan mobil dengan cara berdiri di pintu mobil saat berkendara di jalanan tol pada hari Rabu (26/2). Pengemudi tersebut bahkan terlihat melambung sebuah mobil truk yang berada di depannya.

(gbr/gbr)