Contoh Korsel, Nadiem Ingin Bawa Budaya Indonesia ke Panggung Dunia

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 26 Feb 2020 22:43 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim di rakornas tentang kebudayaan.
Mendikbud Nadiem Makarim di rakornas tentang kebudayaan. (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) menggelar rapat kordinasi nasional (rakornas) tentang kebudayaan. Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan hasil rakornas tersebut akan menjadi jalan untuk membawa budaya Indonesia ke panggung dunia.

"Output dari rakornas kebudayaan adalah membuat suatu rencana perjalanan kalau ada orang datang ke daerah mereka, apa saja unsur-unsur kalender budaya yang pengunjung itu bisa nikmati," kata Nadiem kepada wartawan di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Nadiem kemudian mencontohkan bagaimana Korea Selatan membawa budaya negara mereka dikenal dunia. Ia mengatakan telah menyiapkan beberapa rencana untuk mewujudkan budaya Indonesia dikenal luas.

"Jadi salah satu contoh adalah untuk membuat acara-acara budaya acara-acara festival dengan tingkat kelas dunia tapi di Indonesia sehingga yang terbaik dari Indonesia dan terbaik di dunia bisa berbaur dan saling bertemu dan saling bertukar opini saling berkenalan. Biar ada transfer di antara dua pihak," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2