Contoh Korsel, Nadiem Ingin Bawa Budaya Indonesia ke Panggung Dunia

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 26 Feb 2020 22:43 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim di rakornas tentang kebudayaan.
Mendikbud Nadiem Makarim di rakornas tentang kebudayaan. (Yogi/detikcom)

Saat ini, Nadiem mengaku tengah berupaya mengubah paradigma di jajarannya dalam memahami budaya. Bagi Nadiem, ia tidak ingin budaya menjadi sesuatu yang dijaga semata, namun juga harus ada langkah partisipatif masyarakat dalam memperkenalkan budaya nasional ke publik luar.

"Kita ingin mengubah paradigma yang tadinya hanya menjaga, tapi enggak ada partisipasi dari masyarakat. Kita ingin budaya kita yang ofensif. Kita bisa tampil di panggung dunia," katanya.

"Jadinya diplomasi budaya prioritas ke depan Kemendikbud. Kalau tidak di tahun 2020, pastinya di tahun 2021 kita akan maju pamerkan budaya kita ke dunia," lanjut Nadiem.

Pada kesempatan itu, Nadiem juga tidak lupa mengingatkan pendidikan dan budaya saling berkaitan. Ia menegaskan pendidikan yang berkualitas harus memiliki unsur budaya yang baik di dalam kurikulum pendidikan.

"Pendidikan dan kebudayaan itu tidak bisa dipisahkan. Di benak kami pendidikan itu tidak mungkin bisa menjadi hal yang efektif tanpa adanya unsur budaya dan seni yang kuat. Bagi saya itu harga mati. Tidak mungkin ada pendidikan yang berkualitas tanpa adanya unsur budaya dan seni yang kuat di dalam kurikulum dan lain-lain," pungkasnya.

selanjutnya
Halaman

(idh/idh)