KPK Konfirmasi Hasto soal Isi Percakapan di Bukti Kasus Suap PAW DPR

Ibnu Hariyanto - detikNews
Rabu, 26 Feb 2020 20:31 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memenuhi panggilan KPK. Ia menjalani pemeriksaan terkait kasus suap PAW anggota DPR yang menjerat Harun Masiku.
Foto: Hasto Kristiyanto (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

KPK memeriksa Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto terkait kasus dugaan suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR yang menyeret eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan dan eks Caleg PDIP Harun Masiku. Hasto dikonfirmasi oleh KPK soal isi percakapan dalam barang bukti elektronik yang disita KPK dalam perkara tersebut.

"Hari ini kita kembali periksa Pak Hasto Kristiyanto sebagai saksi selaku Sekjen PDIP di mana pemeriksaan hari ini merupakan pendalaman pemeriksaan sebelumnya dan lebih fokus kepada terkait konfirmasi isi dari barang bukti elektronik isi, isi barang elektronik," ujar Plt Jubir KPK Ali Fikri di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (26/2/2020).

Namun ali enggan menjelaskan lebih detail soal isi dari barang bukti elektronik yang dikonfirmasi ke Hasto. Menurutnya, nantinya hal itu akan dibuka dengan jelas dalam persidangan.

"Mengenai detail isi, apa percakapan isi dari barang elektronik tersebut tentu tidak bisa kami sampaikan secara detailnya. Tapi nanti di persidangan tentu akan dibuka seluas-luasnya oleh jaksa penuntut umum yang akan menyidangkan perkara keempat tersangka ini," ucap Ali.

Ali mengatakan hal yang sama dilakukan KPK ketika pemeriksaan petugas keamanan kantor Hasto, Nurhasan. Nurhasan juga dikonfirmasi mengenai isi dari barang bukti elektronik yang disita KPK tersebut.

"Termasuk saksi terakhir Pak Nurhasan, penjaga atau tenaga keamanan di Kantor Hasto, begitu juga itu juga mengonfirmasi beberapa percakapan dan komunikasi melalui barang bukti dan elektronik," sebut Ali.

Tonton juga Kasus Pajak Dealer Jaguar, 3 Pegawai Pajak DKI Didakwa Terima US$ 96.375 :

Selanjutnya
Halaman
1 2