Tahanan Kasus Penipuan CPNS Tewas Gantung Diri di Lapas Jambi

Ferdi Almunanda - detikNews
Selasa, 25 Feb 2020 23:00 WIB
Ilustrasi garis polisi
Ilustrasi garis polisi. (Ari Saputra/detikcom)
Jambi -

Seorang tahanan kejaksaan Jambi meninggal dunia di dalam Lapas Kelas IIA Jambi setelah gantung diri. Tahanan yang masih dalam masa persidangan di Pengadilan Jambi atas kasus penipuan CPNS tersebut ditemukan tewas oleh salah seorang warga binaan.

"Pertama kali yang menemukan tahanan itu tewas adalah warga binaan di dalam lapas. Saat itu, warga binaan mau salat, lalu ke kamar mandi tiba-tiba kaget ketika melihat tahanan itu telah gantung diri. Lalu kemudian temuan dilaporkan ke kita dan sekarang sudah kita serahkan ke pihak kepolisian untuk ditindaklanjuti atas kejadian itu,'' kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Jambi, Agus Nugroho Yusuf, kepada detikcom, Selasa (25/2/2020).

Tahanan kejaksaan yang juga berstatus pegawai negeri sipil (PNS) di Jambi itu ditemukan gantung diri pada Selasa (25/2) sore. Pihak lapas belum dapat mengetahui apa penyebab dari tahanan tersebut hingga nekat mengakhiri hidupnya.

"Kalau dari laporan yang ada, selama di dalam sel, tahanan ini tidak ada ribut atau persoalan apa pun dengan warga binaan lainnya. Namun kita telah serahkan kasus ini ke pihak kepolisian untuk segera dapat diusut,'' terang Agus.

Pihak lapas bersama pihak kepolisian juga telah membawa jenazah ke rumah sakit untuk dilakukan autopsi. Polisi juga telah melakukan olah TKP atas kejadian tersebut.

Informasi dalam artikel ini tidak ditujukan untuk menginspirasi kepada siapapun untuk melakukan tindakan serupa. Bagi Anda pembaca yang merasakan gejala depresi dengan kecenderungan berupa pemikiran untuk bunuh diri, segera konsultasikan persoalan Anda ke pihak-pihak yang dapat membantu seperti psikolog, psikiater, ataupun klinik kesehatan mental.

(knv/knv)