Round-Up

Cerita Mencekam AEON Mall Cakung Kena Kepung

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 25 Feb 2020 21:35 WIB
AEON Mall Jakarta Garden City Diserang, Polisi: Tak Ada Penjarahan
Foto: dok. istimewa

Sementara itu, Kapolres Jakarta Timur Kombes Arie Ardian menyebut kericuhan terjadi karena salah paham. Ada sekelompok warga yang terpecah.

"Ada miskomunikasi, yang sebagian (warga) mediasi, yang sebagian ada menuju ke sini (AEON Mall JGC Cakung)," kata Arie di lokasi kejadian menjelang sore.

Arie menjelaskan massa yang melakukan perusakan adalah masyarakat dari 4 RW yang tinggal di sekitar AEON. Namun Arie tak menjelaskan secara rinci masyarakat dari wilayah mana yang melakukan kericuhan.

Dia mengatakan warga telah melakukan mediasi dengan pengelola Jakarta Garden City (JGC) untuk membicarakan masalah banjir. Sedangkan massa yang tidak melakukan mediasi, kata Arie, datang ke AEON dan melakukan perusakan.

"Ada beberapa yang dirusak, antara lain kaca di dua konter, terus gate parkir, dan pos parkir. Terus juga traffic cone juga ada yang dirusak. Termasuk pagar ada yang dirusak," ucap dia.

Polisi kemudian mendatangi lokasi dan melakukan pengamanan. Massa pun dipukul mundur.

Penyelidikan sampai saat ini masih dilakukan. Polisi kini mengusut otak di balik perusakan mal tersebut.

"Sedang kami dalami (dugaan pelaku lain) yang jelas sekarang pengamanan baik dari TNI dan Polri, tetap berjaga di sini. Dari Brimob, Sabhara, Polda Metro, Kodim, akan standby di sini sampai bisa dipastikan situasi benar-benar kondusif," pungkas Arie.

Halaman

(rfs/knv)