Golkar DKI Dukung Pansus Banjir: Tak Ada Niat Politis

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 25 Feb 2020 17:39 WIB
Sekretaris Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta Judistira Hermawan
Sekretaris Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta Judistira Hermawan (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta -

Partai Golkar DKI Jakarta mendukung adanya Panitia Khusus (Pansus) Banjir. Menurut Golkar, drainase di Jakarta buruk sampai Jalan Medan Merdeka terendam.

"Ya, memang drainase kota kita buruk dan ini menjadi sangat penting untuk diperbaiki sesuai masterplan pengendalian banjir yang disusun tahun 1973 dan direvisi tahun 2017, ditambah curah hujan ekstrem yang terjadi hari ini," ucap Sekretaris Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta Judistira Hermawan saat dihubungi, Selasa (25/2/2020).

Menurutnya, penanganan banjir di Jakarta bukan hanya tanggung jawab Provinsi DKI Jakarta, tapi juga daerah penyangga di sekitarnya. Jadi, pansus bisa mencari simpul untuk menyinergikan setiap peran dan tanggung jawab.

"Kita lihat yang terjadi di awal tahun lalu, tepatnya tanggal 1 Januari 2020, kembali terulang hari ini. Maka perlu kerja keras dan sinegritas kebijakan semua pihak dalam pengendalian banjir tidak hanya di DKI Jakarta saja, tapi juga daerah-daerah penyangga," ucap Judistira.

"Untuk itu, pentingnya pansus ini salah satunya menyinergikan kebijakan antara pemerintah pusat, Pemda DKI Jakarta, juga Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Tangerang, dan Bekasi," kata Judistira.

Maka, Judistira menjamin tidak ada kepentingan politis pembentukan Pansus Banjir tersebut. "Lanjut terus karena tidak ada niatan politis sama sekali dalam pembentukan banjir ini," kata Judistira.

Sebelumnya, DPRD DKI Jakarta sepakat membentuk Pansus Banjir untuk menyelidiki penanganan banjir di Jakarta. Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani menyebutkan perlu pendalaman lebih lanjut karena sudah tiga kali banjir besar terjadi di DKI Jakarta.

"Kita lihat ada urgensinya kan banjir tiga kali yang parah banget, tahun baru, pertengahan (Januari), sama ini yang parah banget. Ini sesuatu terulang. (Kejadian) pertama ada kiriman dari Katulampa (Bogor), kedua, ketiga, kan hujan lokal," ucap Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani saat dihubungi.

Menurut Zita, Badan Musyawarah (Bamus) sudah memberikan keputusan untuk rekomendasi Pansus Banjir. Disebut Zita, semua fraksi di DPRD sudah sepakat, termasuk Fraksi Gerindra.

"Iya dong (ada kesepakatan), kan sudah di-Bamus-kan. Kita semua sepakat isu banjir ini adalah sesuatu yang perlu kita tindak lanjuti," kata politikus PAN itu.

(aik/rfs)