Miris, Jenazah Bayi di Barru Sulsel Dibawa Seekor Anjing

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Selasa, 25 Feb 2020 16:58 WIB
ilustrasi bayi
Ilustrasi bayi. Foto: iStock
Makassar -

Warga di Dusun Batulappa, Desa Tompo, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel) digegerkan dengan penemuan jenazah bayi yang dibawa seekor anjing. Jenazah bayi itu dibawa oleh anjing ke bawah tangga rumah panggung warga.

Kepala Puskesmas Palakka Barru, Takbir, mengatakan timnya bersama kepolisian langsung menuju lokasi penemuan jenazah bayi sesaat setelah menerima laporan Kepala Dusun Batulappa, Nazaruddin pada Senin (24/2/2020) lalu.

"Menurut informasi, dari lokasi kejadian jadi ada seorang ibu atas nama Suhari itu melihat anjingnya sedang menggigit yang menurut perkiraannya itu bangkai. Anjing ini terlihat dari depan rumah, kan rumahnya rumah panggung, dia lihat anjingnya menyimpan bangkai di dekat tangganya, di kolong rumah," ujar Takbir saat dimintai konfirmasi, Selasa (25/2/2020).

Takbir mengungkapkan, Suhari yang awalnya mengira anjingnya membawa bangkai kemudian meminta anaknya untuk mengubur bangkai tersebut. Seketika anaknya kaget saat mengetahui anjingnya membawa jenazah bayi.

"Tiba-tiba anaknya melihat bahwa ini bukan bangkai binatang, tapi ini jenazah manusia (bayi). Jadi dia melihat janin, akhirnya si ibu ke rumahnya Kepala Dusun Batulappa, Desa Tompo, Pak Nasaruddin melaporkan tentang penemuan janin itu," katanya.

Takbir bersama timnya yang datang ke lokasi kemudian membawa jenazah bayi malang itu ke rumah sakit. Menurut Takbir, kondisi jenazah bayi sudah tidak utuh.

"Kaki kanannya sudah hilang, kemudian tangan kiri juga sudah hilang, kemudian bagian kepala juga sudah hilang sebagian. Dan diperkirakan janin itu berumur 5 sampai 6 bulan. Akhirnya kami dari puskesmas membawa janin itu ke rumah sakit untuk penanganan selanjutnya," tuturnya.

Menurut Takbir, pemeriksaan sementara bayi berkelamin laki-laki itu diduga baru meninggal pada malam sebelumnya. Diduga kuat bagian tubuh bayi yang hilang telah dimakan oleh anjing yang membawanya.

"Kan anjing itu anjing beranak, baru beranak, kayaknya anjing itu bawakan makanan untuk anaknya," paparnya.

(nvl/tor)