Melayat ke Rumah Duka Ventje Rumangkang, SBY Kenang Dirikan Partai Demokrat

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 25 Feb 2020 15:38 WIB
SBY melayat Ventje
SBY melayat Ventje Foto: Tiara Aliya/detikcom
Jakarta -

Ketua Umum Partai Demokrat (PD), Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melayat ke rumah duka pendiri PD yang wafat, Ventje Rumangkang. Saat melayat, SBY mengenang mendirikan PD bersama dengan Ventje Rumangkang.

"Saya harus menyampaikan kenangan saya yang indah bersama almarhum. Saya berkenalan pada beliau awal tahun 2001 waktu itu kalau masih ingat ada pemilihan wakil presiden, saya sebagai salah satu kandidat meskipun saya kalah, kekalahan itu saya terima sepenuh hati krn salah melakukan kalkulasi dan salah pemahaman politik," kata SBY, di Rumah Duka San Diego Suits, RS Siloam Semanggi, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

SBY melayat bersama dengan jajaran petinggi PD, seperti Sekjen Demokrat Hinca Panjaitan, Wakil Ketua Umum Nurhayati Ali Assegaf, dan politikus PD Andi Malaranggeng. SBY mengatakan pada saat dirinya diangkat menjadi Menko Polhukam oleh Presiden ke-7 Megawati Soekarnoputri, muncul ide mendirikan Demokrat bersama dengan Ventje.

"Adalah almarhum Ventje Rumangkang mendatangi saya, dan kami berbincang-bincang di Cikeas. Di situ Pak Ventje mengatakan waktu itu saya tidak punya posisi apa-apa, saya sudah selesai dengan kabinet Presiden Gus Dur, saya belum diangkat kembali jadi Menko Polhukam waktu di era pemerintahan Bu Megawati. Di situ ada pikiran, Pak SBY kalau melihat suara rakyat kan surveynya paling tinggi, kemarin Pak SBY kalah karena tidak punya partai politik, kenapa tidak bikin saja partai politik sendiri. Di akhir pertemuan itu Pak Ventje bilang ini ide bagus jangan disampaikan ke semua dulu nanti kita bertemu lagi," kenang SBY.

Simak Video "Duka AHY-Ibas Atas Kepergian Pendiri PD Ventje Rumangkang"

Selanjutnya
Halaman
1 2