Buka Raker BPPT, Ma'ruf Sebut RI Kurang Penguasan Iptek dalam Inovasi

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 24 Feb 2020 12:51 WIB
Wapres Maruf Amin buka rakor BPPT
Wapres Ma'ruf Amin buka Raker BPPT (Dwi Andayani/detikcom)

Dengan demikian, diharapkan BPPT dapat ikut berperan aktif dalam penerapan transformasi digital. Tidak hanya di sektor pemerintah, tapi juga hingga lembaga pendidikan.

"Saya harap BPPT dapat berperan aktif dalam mendukung penerapan transformasi digital di semua sektor, baik di pemerintahan, lembaga pendidikan, maupun dunia industri," tuturnya.

Ma'ruf menyebut Indonesia memiliki banyak sumber daya alam. Namun, menurutnya, karena kurangnya penguasaan iptek, negara kita kalah oleh negara maju.

"Indonesia merupakan negara yang mempunyai kekayaan sumber daya alam. Namun, karena kurangnya penguasaan iptek dalam berinovasi, maka nilai tambah yang dihasilkan masih rendah, masih kalah dengan negara-negara maju," kata Ma'ruf.

Selain itu, Ma'ruf menuturkan, sumber daya manusia (SDM) menjadi hal utama dalam pembangunan nasional sehingga BPPT juga diharapkan dapat menghasilkan SDM yang unggul.

"SDM merupakan pilar utama dalam pembangunan nasional. Kita akan tertinggal di era industri 4.0 jika tidak dukung oleh SDM yang unggul. Saya harap BPPT dapat melahirkan SDM unggul, yaitu SDM yang sehat, cerdas, produktif, memiliki semangat berkompetisi yang tinggi, memiliki daya saing yang tinggi, berakhlak mulia, dan memiliki komitmen wawasan kebangsaan," kata Ma'ruf.

selanjutnya
Halaman

(dwia/zlf)