Lagi, Anies Puji Jokowi karena Integrasi Transportasi

Arief Ikhsanudin - detikNews
Sabtu, 22 Feb 2020 16:42 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar rapat dengan Kementerian Sekretaris Negara (Kemensesneg) membahas revitalisasi Monumen Nasional (Monas).
Foto: Farih Maulana Sidik/detikcom

Menurut Anies, integrasi transportasi penting bagi penataan kota. Pengelolaan akan membuat masyarakat tertarik menggunakan angkutan umum.

"Pengelolaannya harus terintegrasi. Yang mengelola tata ruang adalah yang mengelola tata transportasi. Itu sederhana sekali. Kalau tidak, rencana tata ruang dan rencana transportasi tidak nyambung. Kalau tidak nyambung, tidak ada yang naik kendaraan umum," ucap Anies.

Dari catatan detikcom, Anies pertama kali menyampaikan pujian dan terima kasih saat penandatanganan head of agreement antara PT MRT dan PT KAI. PT MRT dengan PT KAI akan membentuk anak perusahaan yang mengelola integrasi transportasi di Jakarta.

"Pertama saya ingin terima kasih, apresiasi pada Bapak Presiden Jokowi, karena beliau membuat apa yang menjadi cita-cita kita untuk integrasikan lewat instruksinya mulai terlaksana dan hari ini menjadi penandanya," ucap Anies dalam sambutannya di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (9/12/2019).

Kemudian kala meresmikan PT Moda Transportasi Terintegrasi Jabodetabek di Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (10/1). Saat itu, ada kesempatan soal 4 stasiun yang akan dikelola oleh Pemprov DKI Jakarta.

Empat stasiun berintegrasi itu diyakini akan membuat masyarakat terkesima. Anies mengatakan nantinya perubahan pengelolaan stasiun-stasiun di Jakarta itu akan berdampak pada ratusan juta orang.

"Empat ini akan jadi contoh dan Maret nanti bisa tuntas. Kita rasakan dalam 2 bulan akselerasi luar biasa, Maret akan ada hal baru rasanya akan achievable. Insyaallah bisa dikerjakan, ini peristiwa kecil tapi dampaknya besar. Kita sedikit tapi implikasinya nanti ratusan juta orang akan rasakan perubahan dalam siklus kesehariannya," tuturnya.

Pada saat itulah pujian untuk Jokowi dilontarkan. Anies mengatakan capaian-capaian dalam mengintegrasikan moda transportasi tak lepas dari leadership Jokowi yang kuat. "Ini semua tidak mungkin terjadi bila tidak ada arahan leadership yang kuat," kata Anies.

Halaman

(aik/aan)