Bapeten Duga 2 Warga Tangsel Kena Radioaktif karena Makan Buah yang Terpapar

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Sabtu, 22 Feb 2020 14:59 WIB
2 Warga Kena Radioaktif, Begini Suasana Terkini di Perumahan Batan Indah
Foto: Suasana di Perumahan Batan Indah. (Rahel/detikcom)

Menurut Indra, jumlah paparan cesium 137 dalam kedua tubuh warga di Tangsel tidak mengkhawatirkan. Dia menegaskan kedua warga itu tidak memerlukan perawatan medis khusus ataupun karantina.

"Jadi tentu saja dengan jumlah yang mereka terima tidak perlu ada tindakan medis lanjutan atau kemudian seperti yang ditanyakan apakah mereka harus dikarantina, dan karena memang ternyata alhamdulillah dari hasil pemeriksaan melalui whole body counting itu jumlah kontaminasi cesium 137 itu jumlahnya tidak mengkhawatirkan," imbuhnya.

Indra kemudian mengatakan jumlah cesium 137 yang berada dalam tubuh manusia dapat menghilang dengan sendirinya melalui sistem metabolisme tubuh. Dia pun menyatakan agar kedua warga tersebut menerapkan pola hidup sehat.

"Ya pada prinsipnya kami memberikan rekomendasi atau saran, yang pertama tentunya warga ya istilahnya melakukan pola hidup sehat. Itu kalau yang dari kedokteran nuklir ya. Artinya karena nanti mungkin kandungan cesium 147 yang terkontaminasi atau yang terdeposit dalam tubuhnya itunya itu memang secara umum akan meluruh bersama dengan kegiatan atau metabolisme tubuh," jelas Indra.

Lebih lanjut, Indra mengatakan Bapeten sedang berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk memberi fasilitas pemeriksaan kesehatan kepada kedua warga yang terpapar Cesium 137 di Tangsel itu.

"Kami sebenarnya sekarang sedang berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan terkait dengan cesium ini. Apakah nanti mungkin dari Kemenkes mungkin bisa memfasilitasi pemeriksaan kesehatan lanjutan atau tidak," tutur Indra.

Simak juga video Bersihkan Limbah Radioaktif, 275 Drum Dikumpulkan Petugas:

[Gambas:Video 20detik]

Halaman

(idh/idh)