Bapeten Duga 2 Warga Tangsel Kena Radioaktif karena Makan Buah yang Terpapar

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Sabtu, 22 Feb 2020 14:59 WIB
2 Warga Kena Radioaktif, Begini Suasana Terkini di Perumahan Batan Indah
Foto: Suasana di Perumahan Batan Indah. (Rahel/detikcom)
Tangerang Selatan -

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) bicara soal kemungkinan penyebab dua warga terkena radiasi akibat limbah radioaktif di Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan (Tangsel). Salah satunya diduga karena karena memakan buah yang terkena paparan radioaktif.

"Kalau penyebabnya mungkin bisa bermacam-macam. Bisa saja mereka memang sebelumnya itu melakukan aktivitas di dekat ditemukannya sumber radioaktif tersebut atau mungkin mengkonsumsi vegetasi yang mungkin ditanam untuk dikonsumsi," kata Kepala Biro Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik Bapeten Indra Gunawan saat dihubungi detikcom, Sabtu (22/2/2020).

Indra mengatakan dua kemungkinan yang ada adalah paparan langsung atau memakan buah dari lokasi radioaktif. Dia juga mengatakan di sekitar lokasi ada beberapa buah yang bisa dikonsumsi.

"Kan kalau tidak salah di sana memang ada tumbuhan konsumsi seperti sirsak kemudian mangga, kemudian juga ada beberapa tumbuhan konsumsi lain. Mungkin bisa saja dari itu selain juga dari terpapar melalui paparan radiasi karena ada sumber yang ada di situ," ujar Indra.

Selain itu, Indra mengatakan jumlah paparan radioaktif yang masuk ke tubuh warga tersebut berada dalam kadar rendah. Menurutnya ,jumlah tersebut tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan terhadap kedua warga itu.

"Sebetulnya dari jumlah yang mereka terima scera medis itu sebenarnya masih terlalu kecil untuk sampai kemudian mereka menerima suatu gangguan kesehatan," ucap Indra.

Selanjutnya
Halaman
1 2