PPP 'Serang' Stafsus Jokowi Soal RUU Cipta Kerja Salah Ketik

Mochamad Zhacky - detikNews
Jumat, 21 Feb 2020 12:25 WIB
Wasekjen PPP Achmad Baidowi
Foto: Sekretaris Fraksi PPP Achmad Baidowi (Zhacky/detikcom)

Seperti dikutip sebelumnya, Pasal 170 dalam RUU Cipta Kerja menyatakan peraturan pemerintah (PP) bisa mengubah undang-undang. Menko Polhukam Mahfud Md lalu menyatakan itu adalah salah ketik.

"Kalau lewat Perppu (Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang) kan sejak dulu. Kalau undang-undang diganti dengan Perppu itu sejak dulu bisa. Sejak dulu sampai kapan pun bisa tapi kalau isi undang-undang diganti dengan PP, diganti dengan Perpres (Peraturan Presiden) itu tidak bisa. Mungkin itu keliru ketik," kata Mahfud di Universitas Indonesia (UI), Depok, Senin (17/2).

Staf khusus Presiden, Dini Purwono menyatakan Pasal 170 RUU Cipta Kerja salah konsep atau misunderstood instruction. Istana masih menerima dengan terbuka banyak masukan dari masyarakat.
"Menurut saya itu sepertinya drafternya salah konsep atau misunderstood instruction," kata Dini kepada detikcom, Jumat (21/2).

"Yang jelas ini kan masih RUU. Pembahasan di DPR juga belum dimulai. Masih banyak waktu untuk perbaikan selama proses pembahasan," sambung Dini.

Halaman

(zak/azr)