Bukhara di Uzbekistan Jadi Ibu Kota Kebudayaan Islam 2020

Rosmha Widiyani - detikNews
Jumat, 21 Feb 2020 11:19 WIB
Salah satu sudut Kota Bukhara di Uzbekistan
Bukhara di Uzbekistan Jadi Kota Kebudayaan Islam 2020. Di sini Imam Bukhari dimakamkan (Foto: Erwindar/detikcom)
Jakarta -

Kota Bukhara, Uzbekistan terpilih menjadi Ibu Kota Kebudayaan Islam 2020 bersama Kairo di Mesir dan Bamako di Mali. Keputusan ini diambil dalam konferensi kementerian di bidang kebudayaan kesembilan, yang pesertanya merupakan negara anggota Organization of Islamic Cooperation (OIC).

Dikutip dari Tashkent Times, selain Bukhara di Uzbekinstan kota lain yang mendapat tugas serupa adalah Kairo di Mesir dan Bamako di Mali. Bukhara yang disebut Kubbatul Islam atau Gumbazi Islam telah beberapa kali menjadi Ibu Kota Kebudayaan Islam.

Menurut Organisasi Muslim Uzbekistan, hal ini menunjukkan pengakuan pentingnya peran Bukhara, Uzbekistan pada perkembangan Islam. Bukhara menyimpan ilmu dan pengalaman yang penting bagi masyarakat Islam dan dunia.

Tidak hanya Bukhara, Uzbekistan secara umum memang menarik perhatian dunia karena eksotisme dan keindahannya. Uzbekistan menduduki peringkat kelima dalam Solo Travel Safety Report 2019. Daftar tersebut dikeluarkan situs travel Wegoplaces.me, yang menawarkan panduan petualangan yang bisa dilakukan sendiri.

Laporan dalam situs mengeksplore negara yang dianggap paling aman, berisiko, damai, hingga mudah terjadi konflik. Dalam situs tersebut bisa diketahui lokasi yang bisa dituju dan cara menjaga keamanan di seluruh dunia, termasuk tips travelling sendiri dari Foreign and Commonwealth Office (FCO).

Data yang digunakan dalam pemeringkatan berasal dari Gallup Global Law and Order Report, Global Peace Index 2018, dan panduan dari FCO. Gallup bertanya pada penduduk di 142 negara dalam daftar tersebut pertantaan pertanyaan seputar keamanan saat berjalan malam hari, kepercayaan dengan polisi lokal, apakah mereka akan mengalami perlakuan tidak menyenangkan, dan hal lainnya.

Respon positif pada pertanyaan tersebut mempengaruhi nilai Indeks Hukum dan Aturan pada tiap negara. Makin tinggi nilainya, maka semakin besar proporsi masyarakat di negara tersebut yang merasa aman.

Selain Uzbekistan, Singapura ikut mengisi daftar Solo Travel Safety Report 2019 dengan nilai paling tinggi 97. Peringkat sebelumnya diisi negara Norwegia, Islandia, dan Finlandia.

Bukhara di Uzbekistan Jadi Ibu Kota Kebudayaan Islam 2020Salah satu sudut Kota Bukhara di Uzbekistan (Foto: Erwindar/detikcom)

Tak hanya aman bagi yang ingin travelling sendirian, Uzbekistan adalah satu dari 10 negara terindah dan terbaik untuk turis. Dalam daftar yang dibuat situs berita Inggris The Telegraph, Uzbekistan menawarkan pesona bagi traveller yang penasaran dengan Jalur Sutra.

Bukhara, Samarkand, dan Khiva menyimpan pesona kejayaan masa lalu yang terawat dengan baik. Traveller bisa melihatnya dalam bentuk menara yang menjulang tinggi, bangunan berbentuk kubah, dan mosaik kaca yang membiaskan banyak warna. Pesona ditunjang pemandangan alam yang indah, akomodasi terjangkau, dan penduduk asli Uzbekistan yang ramah.

(row/erd)