Round-Up

Kelakuan Pemotor Terabas Kuburan Hindari Kemacetan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 21:14 WIB
Jalan tengah makam TPU Menteng Pulo yang dilewati pemotor
Foto Lokasi Viral di TPU Menteng Pulo: Lukman Arunanta-detikcom


Eddy mengatakan peristiwa pemotor masuk makam untuk menerobos kemacetan itu baru kali ini terjadi. Dia menyebut, alternatif itu diambil pemotor karena jalan di sekitar makam sedang dalam perbaikan.

"Baru kali ini adanya. Ada kegiatan gali di pinggir jalan tuh. Baru karena itu ada perbaikan jalan atau gimana, memakan bahu jalan sampai hampir setengah badan jalan. Jadi akhirnya orang nyari alternatif," kata Eddy.

Eddy menuturkan petugas saat ini menjaga pintu masuk agar pengendara motor tidak melintas di area makam. Dia menegaskan area makam hanya diperuntukkan bagi peziarah, bukan untuk jalan umum.


Respons Dishub Jaksel dan Camat Atas Peristiwa Ini


Kepala Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Selatan, Budi Setiawan menjelaskan peristiwa saat pemotor menerobos Tempat Pemakaman Umum (TPU) Menteng Pulo, Jakarta Selatan. Menurut Budi hal itu terjadi karena ada kemacetan di Jalan Kasablanka seturut proyek pemasangan pipa 150kv PLN, sehingga terjadi penyempitan lajur, tepat di depan pemakaman TPU Menteng Pulo, depan Casablanca.

"Itu memang macet panjang, karena macet panjang, pemotor mencari jalan alternatif masing masing (masuk TPU Menteng Pulo)," terang Budi.


Untuk mengantisipasi peristiwa itu tidak terulang, Sudinhub Jakarta Selatan mengerahkan sejumlah personel untuk menutup dan membantu kelancaran lalu lintas, khususnya di sepanjang Jalan Prof Dr Satrio hingga Jalan Casablanca Raya, Setiabudi, Jakarta Selatan. Dia juga mengklaim saat ini sudah tidak ada pemotor yang lewat situ.

"Alhamdulillah sudah tidak ada yang lewat ke TPU, ditambah saya cek galian sudah dicor oleh pihak PLN," katanya.

Budi mengatakan, kemungkinan dalam waktu dekat kondisi lalu lintas di Jalan Casablanca sudah kembali normal, karena galian yang menjadi sumber kemacetan telah di cor dan ruas jalan yang ditutup akan segera dibuka kembali.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3