Ma'ruf Amin: Mandalika Berpotensi Jadi Wisata Halal Terbesar di Dunia

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 17:10 WIB
Maruf Amin
Foto: Vadhia Lidyana/detikcom
Lombok -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut pemerintah saat ini ingin mengembangkan wisata halal. Menurutnya, wisata halal yang membanggakan saat ini berada di Mandalika, Lombok.

"Kita ingin kembangkan industri halal dan wisata halal. Wisata halal yang sekarang paling dibanggakan justru berada di Nusa Tenggara Barat (NTB) yaitu di Mandalika," ujar Ma'ruf di Ponpes NU Al-Manshuriah, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (20/2/2020).

Ma'ruf mengatakan Mandalika memiliki potensi besar menjadi tempat wisata halal. Menurutnya, Mandalika memiliki prospek besar karena memiliki wilayah yang lebih luas dari Bali.

"Ternyata memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi wisata halal terbesar di dunia," kata Ma'ruf.

"Ya saya kira prospeknya besar sekali. kalau Bali itu 300 hektare, di Mandalika itu 1.500 atau 1.300 hektare," sambungnya.

Selain itu, nantinya di Mandalika sendiri akan dibuatkan sirkuit untuk acara MotoGP. Pembangunan sirkuit itu disebut saat ini telah berjalan.

"Jadi itu potensinya kemudian ada MotoGP itu pasti akan dilaksanakan, nanti kan pembangunannya kan sudah pasti akan berkembang. Jadi saya melihat prospeknya bagus sekali," kata Ma'ruf.

Ma'ruf menilai terdapat kendala dalam proses pembangunan. Salah satunya, ketersediaan hotel atau penginapan yang belum banyak di Mandalika.

"Ya kendalanya mempercepat saja prosesnya, sebab nanti kalau itu MotoGP itu diadakan, itu memerlukan hotel dan hotel itu tidak cukup. Jadi berarti ada semacam yang disebut tempat-tempat penampungan, ada yang di hotel, bahkan kemungkinan ada yang (seperti) di Bali nginepnya. Jadi itu saya kira luar biasa, persiapannya sudah matang sekali," tuturnya.

(dwia/zlf)