Hakim Agung Andi Samsan Nganro Jadi Ketua Muda MA Bidang Pengawasan

Andi Saputra - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 16:12 WIB
Juru Bicara Mahkamah Agung (MA) Andi Samsan Nganro memberikan keterangan pers terkait putusan PK Baiq Nuril. Apa saja yang dibahas?
Andi Samsan Nganro (Agung/detikcom)
Jakarta -

Hakim agung Andi Samsan Nganro ditunjuk menjadi Ketua Muda Mahkamah Agung (MA) bidang Pengawasan. Sedangkan hakim agung I Gusti Agung Sumanatha menjadi Ketua Muda Perdata MA.

Andi Samsan Nganro saat ini menjadi juru bicara MA. Posisi Ketua Muda MA bidang Pengawasan sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 21/P Tahun 2020. Keppres itu atas usulan Ketua MA Hatta Ali yang mengusulkan Andi Samsan Nganro menempati posisi itu.

"Terima kasih," kata Andi Samsan Nganro membenarkan soal jabatan baru itu saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (20/2/2020).

Dengan jabatan baru itu, Andi Samsan Nganro berwenang mengawasi 8.000 lebih hakim di seluruh Indonesia. Termasuk juga mengawasi segala perilaku dan disiplin 23 ribu PNS di lingkungan Mahkamah Agung (MA). Sedangkan Sumanatha bertanggung jawab dalam hal perkara-perkara perdata di MA.

Andi dilahirkan di Wajo, Sulsel, pada 2 Januari 1953. Pendidikan S1 diselesaikan di Unhas Makassar, S2 di Universitas Krisnadwipayana Jakarta, dan S3 di Unpad Bandung.

Sebelum menjadi hakim agung pada 2011, ia telah malang melintang di dunia peradilan. Seperti di PN Ujungpandang, Maluku, PN Jakpus, PN Cibinong, dan hakim tinggi di berbagai tempat.

(asp/mae)