Bendung Katulampa Sempat Siaga 3, Anies Imbau Warga Bantaran Sungai Waspada

Lukman Arunanta - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 15:04 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Lukman Arunanta/detikcom)
Jakarta -

Debit air di Bendung Katulampa, Bogor, meningkat pagi tadi akibat hujan deras. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan sudah mengimbau warga di bantaran sungai untuk waspada.

"Jadi diperkirakan air itu akan sampai di Jakarta sekitar pukul 14.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB sore ini. Kita sudah mengabarkan kepada semua masyarakat yang berada di bantaran sungai untuk waspada," ujar Anies di GOR UNJ Kampus B, Rawamangun, Jaktim, Kamis (20/2/2020).



Anies menyebut permukaan air laut dalam kondisi landai, sehingga Kali Ciliwung bisa dialirkan. Pintu Air Manggarai juga dikosongkan sebagai antisipasi kiriman air.

"Manggarai dikosongkan sehingga insyaallah siap untuk mengantisipasi air yang datang dari kawasan hulu dan mudah-mudahan bisa terkendali dengan baik," jelas dia.



Eks Mendikbud ini juga menerangkan situasi Pintu Air Manggarai per pukul 13.32 WIB dalam kondisi normal. Saat ini, kata Anies, belum ada warga yang dievakuasi.

Sebelumnya, Bendung Katulampa sempat berstatus siaga 3 pada pukul 05.00 WIB. Berdasarkan data BPBD DKI per pukul 12.00 WIB, tinggi muka air di Bendung Katulampa sudah 60 cm, yang berarti statusnya sudah normal atau siaga 4.

Antisipasi Banjir Kampung Pulo, Dinas SDA DKI Kosongkan Drainase:

[Gambas:Video 20detik]

(idn/idn)