PAN: Jangan Sampai Penunjukan Politikus di BRI Lunturkan Kepercayaan Rakyat

Mochamad Zhacky - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 12:46 WIB
Eddy Soeparno (Foto: Zhacky/detikcom)
Foto: Eddy Soeparno (Foto: Zhacky/detikcom)
Jakarta -

Fraksi PAN DPR RI mengkritik penunjukan politikus PDIP Dwi Ria Latifa dan politikus Hanura Zulnahar Usman sebagai Komisaris PT Bank BRI. Fraksi PAN mengingatkan, jangan sampai penunjukan keduanya justru melunturkan kepercayaan publik terhadap dunia perbankan Tanah Air.

"Kita perlu juga sikapi bahwa masalah perbankan itu adalah masalah kepercayaan masyarakat. Perbankan itu bisa beroperasi dengan baik karena ada kepercayaan masyarakat," kata anggota Fraksi PAN, Eddy Soeparno di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

"Jadi jangan sampai justru penempatan kader partai politik di situ (Komisaris Bank BRI) melunturkan kepercayaan masyarakat," imbuhnya.

Eddy menegaskan bahwa terdapat aturan yang mutlak dalam hal pengisian jabatan komisaris suatu bank. Di mana, sebut Eddy, komisaris bank itu tidak boleh terafiliasi dengan partai politik.

"Kalau kita bicara masalah perbankan, pengurus perbankan itu mutlak tidak boleh terafiliasi dengan politik, partai politik, itu sudah mutlak. Sehingga siapapun yang menjadi pengurus perbankan itu harus mundur sebagai kader partai politik," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2