Kapolda Papua: Veronica Koman Penghasut!

Saiman - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 12:33 WIB
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw (Saiman/detikcom)
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw (Saiman/detikcom)
Timika -

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw menyatakan pihaknya masih mengejar para pelaku penghasutan atas konflik di Papua. Veronica Koman disebutnya sebagai salah satu penghasut.

"Veronica Koman termasuk dalam pelaku penghasutan," kata Paulus Waterpauw usai memimpin apel di Mapolres Mimika, Kamis (20/2/2020).

Paulus menambahkan para penghasut itu memang pihak-pihak yang nyata-nyata memanfaatkan ruang hingga memunculkan konflik berdarah di beberapa daerah di Papua. Untuk itu, Polda Papua akan terus melakukan pengejaran.

"Mereka bukan tahanan politik, jelas tindak kejahatannya, penghasutan, provokasi, apalagi yang terlibat menggerakkan," ucap Paulus.

Kasus dugaan provokasi dan hoaks kerusuhan Asrama Mahasiswa Papua dengan tersangka Veronica Koman masih terus bergulir. Kasus ini masih ditangani Polda Jatim.

"Yang jelas, kalau dia (pelaku datang), kita (Polda Jatim) yang menangani. Sekarang untuk hubungan dan koordinasi terkait dengan Veronica Koman ini ada di tingkat atas," kata Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan di Mapolda Jatim, Jalan Ahmad Yani Surabaya, Kamis (21/11/2019).

Veronica Koman sudah angkat bicara soal dirinya yang menjadi tersangka kasus dugaan provokasi terkait rusuh di asrama mahasiswa Papua, Surabaya. Menurutnya, dirinya sedang mengalami kriminalisasi.

"Kasus kriminalisasi terhadap saya hanyalah satu dari sekian banyak kasus kriminalisasi dan intimidasi besar-besaran yang sedang dialami orang Papua saat ini," kata Veronica dalam keterangan yang diunggah di akun Twitter-nya, Sabtu (14/9/2019).

Simak juga video Pertama Kalinya! Freeport Dipimpin Putra Papua:

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/fjp)