Heboh Kerajaan Galuh 'Brutal', YouTuber Vasco Ruseimy Minta Maaf

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 19 Feb 2020 22:58 WIB
Ridwan Saidi
Foto: Baban Gandapurnama (Ridwan Saidi bersama Vasco saat menjelaskan soal Kerajaan Galuh)
Jakarta -

Pemilik akun Macan Idealis Vasco Ruseimy meminta maaf kepada masyarakat Galuh, Ciamis terkait konten videonya yang memuat pernyataan budayawan Ridwan Saidi tentang Kerajaan Galuh 'Brutal'. Vasco menyebut video itu hanya sebagai edukasi bagi masyarakat dan bukan untuk menyakiti suatu kelompok.

Vasco awalnya menceritakan proses pembuatan konten YouTube dengan judul 'GEGEER !! TERNYATA KERAJAAN KERAJAAN DI INDONESIA SANGAT DITAKUTI DI DUNIA' di mana Ridwan Saidi sebagai narasumber. Vasco mengaku sangat mengagumi pria yang akrab dipanggil Babe itu.

"Saya sudah kenal Babe cukup lama, dari awal saya mengagumi Babe. Beliau ini punya karakteristik yang berbeda. Channel youtube itu bagaimana saya mentransferkan kepada generasi muda agar konten yang biasanya kita pelajari di bangku sekolah pasti ada berbagai macam pandangan," ujar Vasco dalam acara d'rooftalk yang bertajuk 'Gaduh Arti Galuh' yang tayang di detikcom, Rabu (19/2/2020).

Vasco mengatakan Ridwal memiliki pemahaman sejarah yang luas. Selain itu, Ridwan juga memiliki cara yang unik dapat mentransfer pengetahuan yang dimilikinya.

"Nah ini mungkin untuk kita yang bukan orang sejarah, mungkin kita bisa memahami cara dengan bahasa yang Babe sampaikan. Babe ini mempunyai keunikan tersendiri, karekter. Babe ini punya hafalan yang sangat tinggi. Semua tanggal, nama-nama beliau hafal," ungkap Vasco.

Selanjutnya
Halaman
1 2