HUT 3 Kabupaten di Sulsel, Gubernur Serahkan Bantuan Keuangan Rp 163,1 M

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Rabu, 19 Feb 2020 16:42 WIB
Gedung Pemprov Sulsel
Foto: Muhammad Taufiqurrahman-detikcom/ ILUSTRASI/ Gedung Pemprov Sulsel
Makassar -

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah awal pekan ini mengunjungi Kabupaten Sindereng Rappang (Sidrap), Pinrang, hingga Enrekang yang merayakan hari jadi kabupaten. Nurdin membagikan bantuan keuangan daerah senilai 163,1 M hingaa ambulans ke 3 kabupaten tersebut.

Nurdin membagikan bantuan keuangan daerah untuk Kabupaten Pinrang sebesar Rp 63,1 miliar, Kabupaten Enrekang sebesar 54,7 miliar, dan Kabupaten Sidrap sebesar 45,3 miliar. Jika ditotal, jumlah bantuan keuangan daerah yang diberikan Nurdin sebesar 163,1 miliar.

Nurdin mengawali kunjungannya hari ini ke Kabupaten Pinrang yang merayakan hari ulang tahun yang ke-60. Selain memberikan bantuan keuangan daerah sebesar 63,1 miliar, Nurdin juga memberikan bantuan 1 unit mobil Sulsel Sehat dan 1 unit bus.

"Kita harus meninggalkan ego sektoral agar kita semua saling bahu-membahu untuk membangun daerah," kata Nurdin dalam sambutannya, di perayaan HUT ke-60 Pinrang di halaman Kantor Bupati Pinrang, Rabu (19/2/2020).

Anggaran sebesar Rp 63,1 miliar diberikan ke kabupaten yang dikenal sebagai Bumi Lasinrang itu untuk pembangunan infrastruktur. Nurdin menjelaskan, Pemprov Sulsel di bawah kepemimpinannya terus menaikkan dana bantuan keuangan daerah.

Jika di tahun 2019 total dana bantuan keuangan daerah sebesar Rp 300 miliar, kini di APBD 2020 dana bantuan keuangan daerah sebesar Rp 500 miliar.

"Tadi kita saksikan penyerahan bantuan untuk Pinrang sebanyak Rp 63,1 miliar. Dengan anggaran tahun ini banyak yang bisa kita lakukan, termasuk bagaimana kita bangun jalan sampai ke daerah-daerah," jelasnya.

Dari Pinrang, Nurdin bergerak menuju Kabupaten Enrekang yang hari ini juga turut merayakan HUT ke-60. Bantuan keuangan daerah sebesar Rp 54,7 miliar diberikan Nurdin secara simbolis kepada Bupati Enrekang Muslimin Bando di lapangan Kabere, Enrekang.

"Pak Bupati ini sangat kreatif, ketika datang langsung membawa sejumlah program yang sudah siap di tender. Iya udah karena sudah ada kita kasilah duit untuk kerjakan," tutur Nurdin Abdullah dalam sambutannya.

Sebelumnya pada Selasa (18/2), Nurdin juga sempat menghadiri perayaan HUT ke-676 Kabupaten Sidrap dan memberikan bantuan keuangan daerah sebesar Rp 45,3 miliar.

Dalam sambutannya di HUT ke 676 Sidrap itu, Nurdin mengapresiasi pembangunan yang cepat di Sidrap. Terlebih Sidrap telah menjadi kabupaten penyangga pangan untuk Sulsel dan nasional.

"Kehabisan masker yang menjadi dampak dari virus corona masih bisa kita kurung diri di kamar. Kalau kehabisan bahan pangan kita harus mencarinya. Tidak bisa kita kurung diri," jelasnya.

Karena itu, Nurdin yakin kebutuhan pangan dunia akan semakin meningkat. Sidrap yang dikenal sebagai penghasil beras, menurutnya, akan semakin dibutuhkan.

"Ke depan, Sidrap bukan saja memberi pasokan makanan kepada Sulsel dan Indonesia. Sidrap akan menjadi lumbung pangan dunia," tuturnya.

(nvl/fdn)