Balon Perseorangan Walkot-Wawali Serahkan Syarat Dukungan ke KPU Cilegon

M Iqbal - detikNews
Rabu, 19 Feb 2020 16:00 WIB
KPU Cilegon menerima penyerahan berkas dukungan bakal calon wali kota dan wakil wali kota lewat jalur perseorangan (M Iqbal/detikcom)
KPU Cilegon menerima penyerahan berkas dukungan bakal calon wali kota dan wakil wali kota lewat jalur perseorangan. (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota dari jalur perseorangan, Lukman Harun-Nasir, menyerahkan syarat dukungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cilegon. Lukman-Nasir merupakan pasangan jalur perseorangan pertama yang menyerahkan syarat dukungan.

Penyerahan syarat dukungan jalur perseorangan Pilkada Serentak 2020 dilangsungkan pada 19-23 Februari. Syarat dukungan itu nantinya akan diverifikasi oleh petugas KPU Cilegon.

"Ini hari pertama jadwal penyerahan dukungan pasangan calon dari jalur independen. Setelah penyerahan ini, akan kami lakukan proses penelitian untuk meneliti kesesuaian dengan silon dan B2KWK dan akan kita sinkronkan dengan B1KWK," kata Ketua KPU Cilegon Irfan Alfi, Rabu (19/2/2020).

Pasca-verifikasi kesesuaian syarat dukungan berupa formulir dan KTP tersebut, tahapan selanjutnya verifikasi administrasi. KPU selanjutnya akan turun ke lapangan untuk verifikasi faktual. Pada tahapan itu, KPU akan memastikan apakah syarat dukungan tersebut tidak ada yang ganda.

"Kevalidan itu akan kuta cek semuanya harus sesuai dengan di mana dia mendukung. Kalau ada PNS, TNI, dan polisi, kita akan verifikasi kembali, kalau masih aktif kita akan tandai," ujarnya.

Sementara itu, bakal calon wali kota Lukman Harun mengatakan pihaknya telah menyerahkan 29 ribu lebih syarat dukungan yang sudah dikumpulkan oleh timnya. Jika ada ketidaksesuaian syarat dukungan yang diserahkan ke KPU, stok dukungan masih ada 50 ribu lebih.

"Kita sudah siapkan tim untuk mengawal mudah-mudahan di dalam prosesnya bisa lancar. Untuk tim yang akan stand by 8 orang dan sudah disiapkan bila ada yang sakit, tim cukup solid dan tim juga bekerja. Cadangannya sekitar 50 ribuan," tuturnya.

Tonton video Ada 5 Provinsi Berpotensi Miliki Paslon Perseorangan di Pilkada 2020:

[Gambas:Video 20detik]

(jbr/jbr)