Viral Anak SMA Nge-cheat Jawaban UNBK, Ini Faktanya

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 19 Feb 2020 12:29 WIB
Video viral ngecheat UNBK, asli bisa dicheat? (Twitter @corntolll via @Itjen_Kemdikbud)
Video viral ngecheat UNBK, asli bisa di-cheat? (Twitter @corntolll via @Itjen_Kemdikbud)
Jakarta -

Sebulan menjelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), warganet (netizen) ramai membicarakan cara curang (cheat) menjawab soal UNBK. Satu video yang menayangkan anak SMA sedang meretas soal UNBK viral. Ini fakta tentang video viral siswa SMA nge-cheat soal UNBK.

Video viral ini diunggah oleh akun Twitter 'el' yakni @corntoll, 16 Februari 2020. "Sefruit tips," kata akun itu, maksudnya adalah 'sebuah tips' dalam bahasa yang jenaka. Ada logo Tik Tok dalam video 19 detik itu, musik latarnya adalah lagu bernuansa riang, Queen of Disaster dari Lana Del Rey.

Video itu menayangkan siswa-siswa SMA sibuk mengerjakan soal di depan komputer. Seorang siswa membuka menu 'inspect element' saat mengerjakan soal matematika di layar komputer. Pilihan jawaban kemudian memunculkan warna hijau, seolah-oleh itulah jawaban yang benar di antara pilihan jawaban lain dalam soal pilihan ganda.

"Pada pusing ngerjain TO. Exam hack. Mereka belum selesai. Done!!!" demikian tulisan keterangan pada video. Kini, video ini sudah di-retweet 6.000 kali dan mendapat 21.700 like.

Saking viralnya video itu, Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Itjen Kemendikbud) memberi keterangan soal video itu, pada 17 Februari. Lewat akun resmi @Itjen_Kemdikbud, muncul kepastian bahwa soal UNBK yang di-cheat ini bukanlah soal UNBK yang disediakan Kemendikbud.

"Confirm, bukan aplikasi yang digunakan Kementerian untuk melaksanakan simulasi UNBK. Silakan beri tahu kepala sekolahnya/pihak yang berkepentingan kak, biar ga auto 100 padahal pakai cheat," cuit Itjen Kemendikbud.

Tonton juga Polisi Tangkap 2 Pembegal Ojol yang Viral di Makassar :

Selanjutnya
Halaman
1 2