MA Penjarakan Penyebar Hoaks '7 Kontainer Surat Suara Tercoblos' 2 Tahun Bui

Andi Saputra - detikNews
Rabu, 19 Feb 2020 10:22 WIB
Terdakwa perkara hoax 7 kontainer surat suara tercoblos, Bagus Bawana Putra, menjalani sidang di PN Jakpus. Sebelum sidang dimulai ia mengacungkan salam dua jari.
Bagus Bawana Putra (Ari/detikcom)
Polisi kemudian bergerak dan menangkap Bagus. Pria itu kemudian disidangkan di PN Jakpus sejak April 2019. Pada 7 Agustus 2019, jaksa mengajukan tuntutan 4 tahun penjara kepada Bagus. Tapi PN Jakpus hanya menjatuhkan vonis setengah dari tuntutan jaksa, yaitu 2 tahun penjara.

PN Jakpus menyatakan terdakwa Bagus Buwana Putra alias Bagnatara telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana menyiarkan kabar yang tidak pasti atau tidak lengkap yang patut diduga dapat menerbitkan keonaran di kalangan rakyat.

Atas vonis itu, jaksa dan Bagus sama-sama mengajukan banding. Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta menguatkan vonis itu. Duduk sebagai ketua majelis Sudirman dengan anggota Elnawisah dan Daniel Della Pairunan. Jaksa tidak terima dan mengajukan kasasi.

Apa kata MA?

"Tolak," demikian bunyi amar putusan MA sebagaimana dilansir website-nya, Rabu (19/2/2020). Perkara Nomor 376 K/PID.SUS/2020 itu diadili oleh ketua majelis Suhadi dengan anggota Desnayeti dan Maruap Dohmatiga Pasaribu.


(asp/asp)