Pemilihan Wagub DKI, F-PAN Beri Sinyal Dukung Riza Patria

Indra Komara - detikNews
Rabu, 19 Feb 2020 07:22 WIB
Balai Kota DKI
Balai Kota DKI. (Foto: Muhammad Fida Ul Haq/detikcom)
Jakarta -

Proses pemilihan Wakil Gubernur DKI menemui titik terang. DPRD segera melakukan paripurna pengarahan tata tertib dewan dan tata tertib pemilihan wakil gubernur.

Fraksi PAN DPRD DKI memberi sinyal menjatuhkan dukungannya pada Cawagub DKI dari Gerindra yakni Ahmad Riza Patria. PAN akan memilih calon yang terbaik untuk DKI.

"Kalau kami lihat dari Pak Riza itu komunikasi jalan, kalau yang dari PKS saya sendiri belum ketemu sih, sowan ke fraksi baru pimpinan. Kami akan memilih yang terbaik ya, mungkin arahnya ke Gerindra lah, nggak jauh dari itu lah," kata Ketua Fraksi PAN DPRD DKI Lukmanul Hakim, kepada wartawan, Selasa (18/2/2020).



Meski demikian, Lukmanul menilai dua nama Cawagub DKI yakni Riza Patria dan Nurmansjah Lubis dari PKS merupakan putra terbaik bangsa yang siap untuk membuat ibu kota lebih baik ke depan. PAN sendiri belum final untuk menjatuhkan dukungan.

Dalam waktu dekat, kata Lukmanul, Fraksi PAN akan memutuskan soal sikap dukungan terhadap Cawagub DKI. Terpenting, bagi Lukman, kursi DKI-2 harus diisi oleh sosok yang paham soal Jakarta.

"Nanti kita lihat dalam waktu dekat ini, kami melihat mana yang terbaik buat mendampingi Pak Anies. Dua-duanya putra terbaik bangsa lah. Kita akan melihat, yang lebih terbaik yang mana, apakah Pak Riza atau Pak Nurmansjah Lubis. Mungkin nanti kita lihat," kata Lukmanul.



Sebelumnya, Pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta akan dilakukan dengan sistem voting tertutup. Masing-masing anggota dewan memiliki satu suara dan memilih dengan rahasia.

"Jadi ada perdebatan, kemudian disepakati mengikuti hasil pansus lama (yaitu sistem) tertutup," ucap Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M Taufik kepada wartawan usai Rapimgab tata tertib DPRD dan Pemilihan Wagub, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (18/2).

(idn/fai)