Kawal Evakuasi WNI dari Wuhan, Menlu Retno Tak Tidur 2 Hari

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 16:42 WIB
Menlu Retno Marsudi.
Menlu Retno Marsudi (Twitter/@Menlu_RI)
Jakarta -

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi bercerita saat mengawal proses evakuasi 238 WNI dari Wuhan, China. Retno mengaku tidak bisa tidur selama dua hari demi kembalinya WNI ke Tanah Air.

"Paling tidak, waktu itu 2 malam berturut-turut itu hampir tidak tidur," ujar Retno saat mengawali kisahnya di Kantin Diplomasi, Kemlu, Jalan Taman Pejambon, Jakarta Pusat, Selasa (18/2/2020).

Satu hari sebelum dilakukan evakuasi, Jumat (31/1), Retno selalu menjalin komunikasi dengan KBRI Beijing yang sudah berada di Wuhan. Setiap pergerakan tim selalu dipantau oleh Retno.

"Mulai dari tanggal 31 Januari ini setiap Pak Ari (Arianto Sudojo, KBRI Beijing) saya selalu nge-text, 'Ri, lu gerak ke mana?' 'Bu, saya sampai di sini'. 'Ri, tim lengkap?' 'Lengkap Bu'," kata Retno.

"Saya agak merinding (saat cerita), sampai masuk perbatasan. Begitu masuk perbatasan tim aju (pendahulu), Pak Ari kontak, 'Bu kami tim sudah masuk ke perbatasan'. 'Masih berapa jauh lagi Ri?'," imbuhnya.

Retno pun mendapatkan kabar saat tim pendahulu sudah bertemu dengan WNI di Wuhan. Retno meminta agar berkomunikasi dengan WNI tersebut.

"Pada saat pertemuan pertama dengan teman-teman yang ada di Kota Wuhan saya tanya, 'Ri, posisi di mana?' 'Saya dengan teman-teman, Bu'. Boleh nggak saya bicara dengan teman-teman?'," tutur Retno.

Melalui sambungan telepon, Retno berkomunikasi dengan WNI yang hendak dievakuasi. Retno mengaku selalu memberikan semangat kepada mereka agar bisa kembali ke Tanah Air dalam keadaan sehat.

"Jadi kemudian saya telepon dengan teman-teman untuk mem-push semangat, karena mereka harus semangatnya tinggi. Mereka harus, kalau semangatnya tinggi insya Allah mereka juga sehat untuk dilakukan evakuasi," katanya.

Simak Video "Cerita Tim Evakuasi Dibalik Misi Pemulangan 238 WNI asal China"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2