Ini Materi Ujian Tulis Berbasis Komputer SBMPTN 2020

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 13:09 WIB
Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Jakarta -

Pendaftaran Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sudah dibuka. UTBK adalah tahapan penting dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020. Apa saja isi UTBK?

Sebagaimana yang tercantum dalam dokumen LTMPT berjudul 'Informasi UTBK-SBMPTN 2020', dikutip detikcom pada Selasa (18/2/2020), ada dua isi UTBK SBMPTN 2020 yang akan digelar pada 20-26 April 2020 nanti:

Pertama, soal-soal materi Tes Potensi Skolastik (TPS). TPS mengukur kemampuan kognitif yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan penalaran berkembang melalui proses belajar dan transfer dari pengalaman-pengalaman di sekolah maupun di luar sekolah.

Dalam TPS, yang dikejar adalah kemampuan kognitif. Maka peserta ujian akan dites perihal kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup pengetahuan dan penguasaaan matematika dasar.

"Pada TPS, sebagian soal disajikan dalam Bahasa Inggris," demikian keterangan LTMPT.

Selanjutnya
Halaman
1 2