Kandungan Surat Al-Baqarah Ayat 45, Tentang Sabar dan Sholat

Lusiana Mustinda - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 04:02 WIB
Man hands holding an open Holy Koran.
Al-Baqarah ayat 45. Foto: iStock
Jakarta -

Ada makna di balik surat Al-Baqarah ayat 45. Dari ayat Al-Qur'an ini disebutkan tentang sabar dan sholat yang perlu dilakukan seorang muslim.

Surat Al-Baqarah memiliki arti sapi betina. Ini adalah surat ke-2 dalam Al-Qur'an. Surat ini terdiri dari 286 ayat.

Berikut ini surat Al-Baqarah ayat 45 dan terjemahannya:

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

Artinya: "Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk."

Surat Al-Baqarah ayat 45 menjelaskan bahwa Allah SWT memerintahkan untuk tetap sabar dan sholat sebagai penolong kita menuju surga.

Menurut tafsir Jalalain, mintalah pertolongan dalam menghadapkan urusan atau kesulitan-kesulitanmu dengan bersabar dan menahan diri dari hal-hal yang tidak baik dengan sholat. Khususnya disebutkan di sini untuk menyatakan bagaimana pentingnya sholat.

Diriwayatkan dalam hadist riwayat Abu Dawud, Hudzaifah radhiyallahu 'anhu:

Arab: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا حَزَبَهُ أَمْرٌ، صَلَّى

Artinya: dulu jika ada perkara yang menyusahkan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau mendirikan sholat.

Sholat memberikan banyak keutamaan bagi umat Islam. Berdasarkan hadist riwayat Ahmad, dari 'Abdullah bin 'Umar radhiyallahu 'anhuma, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mengingatkan tentang sholat pada suatu hari, kemudian berkata,

Arab: مَنْ حَافَظَ عَلَيْهَا كَانَتْ لَهُ نُورًا، وَبُرْهَانًا، وَنَجَاةً يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ لَمْ يُحَافِظْ عَلَيْهَا لَمْ يَكُنْ لَهُ نُورٌ، وَلَا بُرْهَانٌ، وَلَا نَجَاةٌ ، وَكَانَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَعَ قَارُونَ، وَفِرْعَوْنَ، وَهَامَانَ، وَأُبَيِّ بْنِ خَلَفٍ

Artinya: Siapa saja yang menjaga sholat maka dia akan mendapatkan cahaya, petunjuk dan keselamatan pada hari kiamat. Sedangkan, siapa saja yang tidak menjaga sholat, dia tidak akan mendapatkan cahaya, petunjuk dan keselamatan. Dan pada hari kiamat nanti, dia akan dikumpulkan bersama dengan Qarun, Firaun, Haman, dan Ubay bin Khalaf.

(lus/erd)