Kasus Paniai Masuk Pelanggaran HAM Berat, Moeldoko: Dilihat Lah yang Bener

dkp - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 14:49 WIB
Moeldoko
KSP Moeldoko/Foto: Andhika/detikcom
Jakarta -

Komnas HAM memutuskan peristiwa Paniai 7-8 Desember 2014 sebagai peristiwa pelanggaran HAM berat. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut kejadian itu tidak terstruktur dan sistematis.

"Perlu dilihat lah yang bener. Paniai itu sebuah kejadian yang tiba-tiba. Harus dilihat dengan baik itu karena tidak ada kejadian terstruktur, sistematis. Nggak ada. Tidak ada perintah dari atas, tidak ada. Tidak ada kebijakan yang melakukan hal seperti itu, tidak ada," ujar Moeldoko di gedung Bina Graha, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Senin (17/2/2020).

Kala peristiwa itu terjadi, Moeldoko masih menjabat sebagai Panglima TNI. Moeldoko pun menjelaskan apa yang terjadi saat itu.

"Jadi supaya dilihatnya dengan cermat, jangan sampai nanti membuat kesimpulan yang tidak tepat. Kalau menurut saya apa yang dilakukan oleh satuan pengamanan saat itu adalah sebuah tindakan yang kaget tiba-tiba karena dia diserang masyarakat yang kaget begitu. Sehingga tidak ada upaya sistematis," ujar Moeldoko yang menjabat sebagai Panglima TNI dari 2013 hingga 2015 ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3