BNN Ungkap Penyelundupan 34 Kg Sabu-2.000 Pil Ekstasi Jaringan Malaysia

Lukman Nurhadi Arunanta - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 14:43 WIB
Rilis BNN 34 Kg
Foto: Rilis BNN 34 Kg (Luqman-detikcom)
Jakarta -

Badan Nasional Narkkotika (BNN) mengungkap kasus penyelundupan narkoba yang dikirim dari Malaysia ke Indonesia. Total dari pengungkapan kasus ini, BNN menyita 34 kg sabu dan juga 2.000 pil ekstasi.

"Jumlah total barang bukti yang kita sita itu 34 kg, kemudian tablet atau pil ekstasi 2.000 butir, ini belum kita hitung secara keseluruhan, dan memang ada 25 kg lagi ini masih dalam pencarian kita," ujar Deputi Pemberantasan BNN Irjen Pol Arman Depari, di Kantor Bea Cukai Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (17/2/2020).

Dari pengungkapan kasus ini, BNN menangkap setidaknya ada 7 tersangka yang ditangkap. Namun, satu orang tersangka tewas karena mencoba melawan petugas BNN saat hendak menangkapnya.

Penangkapan pertama itu BNN menangkap 4 orang yang menyeludupkan narkoba dari Malaysia ke Aceh Timur. Pelaku ditangkap di Jalan Raya Medan, Aceh, dari penangkapan itu, BNN menyita 5 kg sabu.

Penangkapan kedua itu dari pengembangan kasus pertama, BNN menggeledah sebuah rumah di Peurelak, Aceh Timur, dan menemukan 12 kg narkoba jenis sabu. BNN juga menangkap 3 orang pelaku lagi.

"Ditemukan kembali 12 bungkus kurang lebih 12 kg narkoba jenis sabu dan menangkap 3 orang lagi tersangka sehingga dengan TKP Aceh Timur diamankan 18,9 kg narkoba jenis sabu," jelasnya.

BNN Ungkap Penyelundupan 34 Kg Sabu-2.000 Pil Ekstasi Jaringan MalaysiaFoto: Rilis BNN 34 Kg (Luqman-detikcom)

Selain itu, BNN juga mengungkap kasus penyelundupan sabu dengan modus yang sam, yakni dari jaringan Malaysia. BNN saat itu mencurigai pengendara sepeda motor yang melintas di jalan raya dengan gerak-gerik mencurigakan. Setelah digeledah, pengemudi motor itu membawa 15 kg sabu dan 2.000 butir pil ekstasi.

Simak Video "Bak Film Eksyen, BNN Kejar Sindikat di Sumatera Utara"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2