Kantongi Rekomendasi PPP di Pilbup Gowa, Adnan: Ada 2 Parpol Lagi

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 14:04 WIB
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan
Calon bupati Gowa petahana, Adnan Purichta Ichsan (Noval Dhwinuari/detikcom)
Gowa -

Pasangan calon bupati dan wakil bupati Gowa petahana, Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Mallaganni Karaeng Kio (Adnan-Kio) telah resmi mengantongi dukungan PPP sebagai parpol pemenang di Gowa. Adnan menyebut masih ada 2 parpol yang akan mendukungnya.

"PPP sendiri kan 8 kursi, untuk mengusung (pasangan calon di Gowa) kan 9 kursi. Jadi saya hanya butuh tambahan 1 kursi lagi untuk mencukupkan (dukungan)," kata Adnan kepada detikcom, Senin (17/2/2020).

Meski tinggal membutuhkan tambahan 1 kursi untuk melengkapi syarat pencalonan bupati di Gowa, Adnan mengatakan masih ada 2 partai politik yang akan mendukungnya. Namun Adnan enggan menyebut partai yang selanjutnya akan mendeklarasikan dukungan untuknya.

"Tersisa masih ada 2 partai lagi yang belum (mendeklarasikan). Nanti pi, kalau saya kasih tahu nanti tidak perlumi lagi deklarasi (partai-partainya). Tunggumi deklarasi satu-satu," ujarnya.

PPP sebagai parpol pemenang di Gowa resmi memberikan dukungan ke Adnan pada Minggu (16/2) lalu yang bertepatan perayaan hari ulang tahun PPP di Gowa. Dukungan ke Adnan-Kio diberikan langsung Ketum PPP Suharso Monoarfa.

"Rekomendasi PPP itu langsung sesuai format KPU (Formulir Model) B.1-KWK," kata Adnan.

Sementara itu, pengamat politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Andi Ali Armunanto melihat hingga saat ini belum ada sosok yang menjadi calon penantang kuat Adnan-Kio di Gowa. Andi memprediksi Adnan-Kio berpeluang melawan kotak kosong saat Pilbup nanti.

Menanggapi hal tersebut, Adnan mengatakan dirinya siap bertarung melawan kotak kosong atau dengan adanya sosok penantang.

"Artinya kita jalan saja, siapapun yang maju di Gowa ataupun tidak ada yang maju itu menjadi hak demokrasi. Karena kotak kosong itu kan juga masuk undang-undang. Tapi yang jelas apapun yang ada di depan kami sudah menyatakan siap untuk berhadapan dan berjuang bersama. Jadi faktor ada lawan atau tidak ada lawan ya kita siap-siap saja, yang penting masyarakat bersama kita," ucap Adnan.

Simak Juga Video "Didukung PD-Gerindra di Pilkada Solo, Gibran: Saya Tetap Setia di PDIP"

[Gambas:Video 20detik]

(nvl/jbr)