Harimau Mangsa Sapi Warga Subulussalam Aceh, BKSDA Turun Tangan

Agus Setyadi - detikNews
Minggu, 16 Feb 2020 15:46 WIB
Foto Jejak Harimau di Aceh
Foto jejak harimau di Aceh (Foto: dok. BKSDA Aceh)
Banda Aceh -

Dua ekor sapi milik warga Darul Makmu, Subulussalam, Aceh, diduga dimangsa harimau. Pawang harimau dari BKSDA Aceh turun tangan untuk melakukan pengusiran.

"Kami BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Aceh menindaklanjuti laporan masyarakat terkait adanya dua ekor sapi yang hilang, diduga dimangsa harimau. Setelah kami cek ke lapangan, kami menemukan jejak harimau berupa tapak kaki," kata Kepala BKSDA Aceh Agus Arianto kepada wartawan, Minggu (16/2/2020).

Menurut Agus, di lokasi yang ditelusuri BKSDA Aceh serta WCS-IP, ditemukan satu bangkai sapi betina pada Sabtu (15/2). Hewan ternak tersebut diduga dimangsa oleh harimau pada bagian belakang tubuh.


Setelah penemuan ini, masyarakat setempat resah. Hal itu karena jejak tapak harimau mengarah ke permukiman penduduk.

Petugas kemudian mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dalam beraktivitas. Selain itu, warga diminta untuk sementara tidak melepasliarkan ternaknya.

"Hari ini kami datangkan pawang harimau BKSDA Aceh Syarwani Sabi dan tim untuk melakukan pengusiran harimau tersebut," jelas Agus.


Agus mengimbau seluruh masyarakat di Aceh untuk sama-sama menjaga kelestarian alam, khususnya satwa liar, seperti harimau. Caranya tidak merusak hutan serta tidak melakukan perburuan secara berlebihan terhadap satwa tersebut.

"Segera melaporkan ke BKSDA Aceh jika menemukan tanda-tanda keberadaan harimau di luar kawasan hutan," imbaunya.

(agse/zap)