Bapeten: Sumber Radioaktif di Batan Indah Tangsel dari Sisa Limbah

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 13:27 WIB
Sekretaris Utama (Sestama) Bapeten, Hendrianto Hadi Tjahyanto. (Foto: Rolando/detikcom)
Sekretaris Utama (Sestama) Bapeten Hendrianto Hadi Tjahyanto (Rolando/detikcom)

Unsur sisa limbah ini adalah sesium, yang biasa digunakan di berbagai bidang. Hadi mengatakan, di Indonesia, sesium biasa digunakan dalam bidang industri hingga penelitian.

"Sumber sesium itu banyak sekali yang pakai, karena kan di Indonesia ini kan penggunaan atau pemanfaatan tenaga nuklir itu luas sekali. Ada di bidang industri, bidang medis, bidang penelitian," ucap Hadi.

Hadi mengatakan seharusnya sisa limbah tersebut dikelola dengan baik. Dia mengatakan Bapeten akan menginvestigasi sumber sisa limbah tersebut.

"Tapi ini limbah, sampah, di mana biasa orang sudah abandoned sampah itu meskipun ada aturan bahwa sampah radioaktif itu harus dikelola. Tapi pengelolaan itu, nah ini yang harus kita cek itu, pengelolaan limbah. Jadi kita nanti bukan menginvestigasi sumber-sumbernya, tapi yang dicari limbah-limbahnya itu," sebut Hadi.

"Limbah itu dari mana asalnya, misalkan limbah dari satu usaha dia punya limbah, limbahnya kan harus disimpan di fasilitas pengelolaan limbah. Itu mungkin di Batan atau mungkin dia di-reexport mungkin dia beli dari negara mana, harus diekspor ke sana. Nah ini ada catatannya, itu harus kita cross-check," imbuhnya.

Halaman

(rfs/mae)