Tifatul: Siapa Oknum Pembuang Zat Radioaktif di Perumahan Batan Indah?

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 06:33 WIB
Menkominfo Tifatul Sembiring saat di temui dalam acara rapat membahas RUU Penyiaran dalam rapat kerja, diruang rapat Komisi I, Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (23/09/2013). File/detikFoto
Tifatul Sembiring, anggota Komisi VII DPR dari Fraksi PKS (Rengga Sancaya/detikcom)

Dia mendorong Bapeten untuk menyelidiki secara tuntas radiasi nuklir di perumahan itu.

"Jadi ada semacam kelalaian. Mungkin ini limbah, kemudian ada orang yang membuang saja. Ini kemudian pecah dan bocor, dan lain sebagainya," kata Tifatul.

Lokasi persis lokasi yang terpapar radioaktif itu ada di tanah kosong, dekat lapangan voli Blok J, lingkungan perumahan Batan Indah. Bapeten menemukan radiasi itu pada 7 dan 8 Februari kemarin. Bapeten langsung memasang garis pembatas (safety perimeter) agar warga tidak mendekat ke lokasi.

"Ditemukan kenaikan nilai paparan radiasi di lingkungan area tanah kosong di samping lapangan voli Blok J," kata Kepala Biro Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik Bapeten, Indra Gunawan, dalam keterangan pers, Jumat (14/2) malam tadi.

Bapeten pun mengambil tanah untuk dianalisis. Sumber paparan radioaktif berasal dari serpihan. "Setelah pengangkatan serpihan sumber radioaktif tersebut, dan dilakukan pemetaan ulang, ditemukan bahwa laju paparan mengalami penurunan, namun masih di atas nilai normal," jelas Indra.

Halaman

(dnu/dnu)