Ini Keterangan Lengkap soal Perumahan Batan Tangsel Kena Radioaktif

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 05:37 WIB
Bicara kecelakaan nuklir banyak orang teringat dengan peristiwa Chernobyl. Namun, ada sejumlah kecelakaan nuklir lain yang disebut terparah dalam sejarah.
Foto ilustrasi (Dok. Reuters)

PERNYATAAN BAPETEN TERKAIT TEMUAN PAPARAN TINGGI DI PERUMAHAN BATAN INDAH - TANGERANG SELATAN
No: 01/PR/HM 02/BHKK/II/2020

1. Untuk keperluan kesiapsiagaan nuklir, sejak tahun 2013 BAPETEN telah memiliki unit pemantau radioaktivitas lingkungan bergerak (mobile RDMS - MONA).

2. Untuk menjamin kehandalan unit MONA tersebut, maka BAPETEN melakukan uji fungsi secara rutin dengan melakukan pemantauan radioaktivitas lingkungan di area Jabodetabek.

3. Tanggal 30-31 Januari 2020, BAPETEN melakukan uji fungsi dengan target area meliputi wilayah Pamulang, Perumahan Dinas Puspiptek, Daerah Muncul dan Kampus ITI, Perumahan Batan Indah, dan Stasiun KA Serpong.

4. Secara umum nilai paparan radiasi lingkungan pada daerah pemantauan menunjukkan nilai normal (paparan latar), namun pada saat dilakukan pemantauan di lingkungan Perumahan Batan Indah, ditemukan kenaikan nilai paparan radiasi di
lingkungan area tanah kosong di samping lapangan voli blok J.

5. Tim uji fungsi melakukan pengecekan ulang dan penyisiran di sekitar daerah tersebut di atas, dan ditemukan nilai paparan radiasi lingkungan dengan laju paparan terukur signifikan di atas nilai normal.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3