MTQ Medan Dimulai Besok, Polisi Berlakukan Rekayasa Lalu Lintas

Ahmad Arfah - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 19:13 WIB
Rekayasa Lalu Lintas Terkait MTQ Medan
Rekayasa Lalu Lintas di Medan (Foto: Istimewa)
Medan -

Dalam rangka pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kota Medan ke-53, ruas jalan di depan lokasi MTQ akan dialihkan sementara. Hal ini untuk mengurangi kemacetan dan mendukung kenyamanan pengunjung.

Kegiatan MTQ ini akan dilakukan pada 15-22 Februari 2020 yang berlokasi di Jalan Ngumban Surbakti, Medan. Jalan ini biasanya banyak dilalui kendaraan, baik roda empat maupun roda dua.

Skenario 1 Rekayasa Lalin Skenario 1 Rekayasa Lalin (Foto: Istimewa)

Jalan yang ditutup adalah Jalan Ngumban Surbakti, dari Simpang Pos hingga pertigaan Simpang Pemda. Jalan ini nantinya akan dijadikan tempat pelaksanaan pawai taaruf pembukaan MTQ.

Rekayasa ini akan diberlakukan pada Sabtu (15/2/2020) mulai pukul 07.00 hingga 12.00 WIB. Berdasarkan keterangan yang diterima detikcom, akan ada dua jenis rekayasa lalu lintas di kawasan tempat pelaksanaan MTQ itu.

Skenario 2 Rekayasa Lalu Lintas Terkait MTQ MedanSkenario 2 Rekayasa Lalu Lintas Terkait MTQ Medan (Foto: Istimewa)

Skenario pertama, arus kendaraan yang seharusnya melalui jalan ini dialihkan ke ruas jalan lain. Jadi, Jalan Ngumban Surbakti dari Simpang Setia Budi ke Simpang Pos menjadi dua arah.

Skenario kedua, arus kendaraan dari Simpang Pos ke arah pertigaan Simpang Pemda dialihkan ke Jalan Ngumban Surbakti dari arah Simpang Setia Budi ke Simpang Pos. Sedangkan pengendara yang akan melalui Jalan Ngumban Surbakti dari Simpang Setia Budi ke Simpang Pos akan dialihkan ke Jalan Setia Budi.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polrestabes Medan Kompol Muhammad Reza Chairul Akbar meminta pengguna jalan menggunakan jalur alternatif saat acara pembukaan MTQ Kota Medan.

"Kepada pengguna jalan yang hendak melintas ke Jalan Ngumban Surbakti agar menggunakan jalur alternatif berkaitan dengan pelaksanaan pawai taaruf MTQ tingkat Kota Medan," ujar Reza saat dihubungi, Jumat (14/2).

(knv/knv)