PAN Disebut Dukung Jokowi, Pro-Zulhas: Itu Aspirasi

Mochamad Zhacky - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 18:22 WIB
Totok Daryanto, pan
Totok Daryanto (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Politikus PAN, Rizki Aljupri, mengaku mendapatkan arahan dari Zulkifli Hasan (Zulhas) terkait dukungan PAN untuk pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) jilid II. Namun hal tersebut dibantah politikus PAN yang juga ketua tim pemenangan Zulhas dalam pemilihan ketua umum di Kongres PAN ke-5, Totok Daryanto.

"Ya kan sekarang ini belum menyusun struktur, baru ketua umum. Ya, nanti lah ada pernyataan itu. Nanti, setelah pengurus terbentuk, setelah dilantik, tentu akan dirumuskan re-positioning PAN itu di mana, gitu," kata Totok saat dihubungi, Jumat (14/2/2020).

Totok sendiri menilai apa yang disampaikan Rizki adalah aspirasi kader PAN. Dia memastikan Zulhas akan menampung aspirasi seperti yang diutarakan Rizki.

"Ya itu mungkin aspirasi namanya. Ya didengar aja aspirasi. Dia kan kader PAN juga kan. Ya itu aspirasi dari salah seorang pengurus. Tentu kita dengarkan aspirasi seperti itu," jelasnya.

Totok menekankan bahwa PAN belum memutuskan apakah akan mendukung pemerintahan Jokowi atau menjadi oposisi. Mengenai hal itu, sebut dia, harus dibicarakan dan diputuskan dalam forum resmi.

"Ya belum, dong. Namanya baru ketum saja kan yang terbentuk. Belum ada pengurus harian," ucap Totok.

Sebelumnya, periode kedua kepemimpinan Zulhas, PAN diklaim mendukung pemerintahan Presiden Jokowi. Politikus PAN, Rizki Aljupri mengaku telah mendapatkan arahan dari Zulhas mengenai sikap PAN tersebut.

"Arahan dari Bang Zul sudah jelas. PAN all out mendukung pemerintah. Kita lakukan ini semata-mata karena ingin Pak Jokowi sukses membawa Indonesia semakin maju di periode kedua beliau," kata Rizki kepada wartawan, Jumat (14/2).

Tonton juga Pengakuan Zulhas Jadi Menteri Kehutanan Tanpa Pendidikan Sejurusan :

[Gambas:Video 20detik]

(zak/gbr)