Disorot Dunia, Spiderman Parepare Cerita Sempat Dinyinyiri Bersihkan Pantai

Hasrul Nawir - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 13:55 WIB
Spiderman asal Parepare, Sulsel membersihkan sampah di kawasan pantai.
Foto: Spiderman asal Parepare, Sulsel membersihkan sampah di kawasan pantai. (Hasrul Nawir-detikcom)

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Parepare, Iwan Asaad mengaku mengapresiasi aksi Roedy membersihkan sampah. Dia berharap aksi tersebut bukan untuk mencari sensasi, namun murni untuk sosial.

"Kita tentunya apresiasi karena ada warga yang begitu peduli dengan kebersihan lingkungan, ini bisa menjadi contoh terutama untuk anak-anak dan remaja yang menyukai tokoh superhero," kata Iwan secara terpisah.

Iwan berharap aksi Spiderman Parepare itu bisa menyebarkan virus positif dalam mendukung program peduli kebersihan yang telah lama dicanangkan dan dilakukan.

"Di Kota Parepare setiap minggunya kita ada program Jumat Peduli dan pemeriksaan kesehatan gratis dengan slogan lingkungan bersih orangnya sehat," katanya.

Tidak hanya itu, kata Iwan, bulan ini Pemkot juga menggelar lomba kebersihan mulai dari tingkat RT/RW. "Intinya adalah kebersihan bukan tanggung jawab individu, namun merupakan tanggung jawab kita bersama," tuturnya.

Sebelumnya, aksi Spiderman membersihkan sampah yang berserakan di jalan-jalan dan pantai di Parepare, Sulawesi Selatan, disorot media asing. Media ternama Reuters ikut mengangkat tulisan mengenai sosok bernama Rudi Hartono yang memakai kostum Spiderman tersebut.

Dalam artikel berjudul "Have no fear, Indonesia's Spider-Man will clean up your trash", Reuters menulis tentang perjuangan Rudi mengajak warga sekitar untuk memunguti sampah-sampah yang berserakan di jalan-jalan dan pantai.

"Pada awalnya, saya melakukan aktivitas yang sama tanpa memakai kostum ini dan itu tidak menarik perhatian publik agar mereka bergabung dan membantu memungut sampah," kata Rudi, pria berumur 36 tahun yang mengenakan kostum merah-biru Spiderman.

Halaman

(idh/idh)