Abu Nawas Cerita Soal Mudahnya Antre Online di BPJS Kesehatan

ang - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 11:21 WIB
BPJS Kesehatan
Foto: Dok BPJS Kesehatan
Jakarta -

Abu nawas (43), salah seorang Peserta Penerima Upah (PPU), telah memanfaatkan aplikasi Mobile JKN untuk mendapatkan layanan kesehatan, yakni antrean elektronik. Abu sapaan akrabnya sedikit menceritakan kemudahan yang didapatkan ketika memanfaatkan aplikasi tersebut.

"Awalnya saya berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan perubahan fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama, dikarenakan faskes yang lama itu jauh dari tempat tinggal saya. Kemudian petugas BPJS Kesehatan pun memberikan informasi terkait aplikasi Mobile JKN dimana dalam aplikasi tersebut kita dapat melakukan pendaftaran peserta baru sehingga sehingga kita tidak perlu repot-repot antre di kantor BPJS Kesehatan, selain itu kita juga dapat melakukan perubahan data juga perubahan faskes sesuai dengan lokasi domisili kita," jelas Abu, Jumat (14/2/2020).

Aplikasi Mobile JKN memiliki segudang fitur yang dapat memudahkan peserta JKN-KIS dalam mengakses layanan, seperti kemudahan peserta dalam melakukan perubahan data, pendaftaran peserta baru hingga mengambil antrean online terintegrasi dengan fasilitas kesehatan tingkat pertama maupun tingkat lanjutan.

"Saya merasakan manfaat dari aplikasi Mobile JKN ini, karena jika saya atau keluarga saya ingin mendapatkan pelayanan kesehatan difasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan sudah tidak perlu repot lagi untuk menunggu antrian pelayanan sebab sudah bisa mengambil antrean secara online dan bisa datang ketika nomor antrean saya atau keluarga sudah dekat," tambah Abu.

Selain itu fitur terbaru yang dapat dirasakan kembali manfaatnya yakni penambahan fitur ketersediaan tempat tidur agar peserta JKN-KIS dapat melihat ada berapa tempat tidur yang tersedia di setiap rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, fitur jadwal tindakan operasi, juga fitur daftar obat yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan dan masih banyak lagi.

"Semoga BPJS Kesehatan terus melakukan inovasi untuk memudahkan peserta JKN-KIS dapat merasakan manfaat yang semakin baik setiap harinya, aplikasi ini sangat berguna bagi semua peserta JKN-KIS dan wajib download aplikasi ini, terutama bagi mereka yang tidak suka menunggu," tutup Abu.

Simak juga video Rizal Ramli Sebut BPJS Dibentuk Dengan Keterpaksaan:

[Gambas:Video 20detik]

(ega/ega)