Guru yang Viral Pukul Murid di Bekasi Dinonaktifkan, Siswa Gelar Aksi Bela

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 10:51 WIB
Foto Gedung SMAN 12 Bekasi
Foto: Foto Gedung SMAN 12 Bekasi (Isal-detikcom)
Bekasi -

Sejumlah siswa SMAN 12 Bekasi mengadakan aksi bela guru yang viral karena memukul siswa yang terlambat. Aksi bela guru dilakukan para siswa karena tidak rela sang guru, I, dinonaktifkan sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.

"Di satu sisi beliau (I) itu memang bagus program-programnya cara mengajarnya kedisiplinan kepada anak-anak. Memang yang kita sayang kan hanya satu sikap kekerasan itu. Jadi anak-anak itu setelah tahu seperti itu jadi mereka menyesal karena vonis atau hukuman yang beliau terima seolah-olah mereka nggak rela gitu (sehingga berdemo)," ujar Wakil Bidang Humas SMAN 12 Bekasi, Irnatiqoh, ketika ditemui detikcom di SMAN 12 Bekasi, Jalan I Gusti Ngurah Rai, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jumat (14/2/2020).


Aksi demo itu berlangsung di lapangan sekolah, kemarin (13/2) siang. Mulanya, pejabat Kemendikbud datang ke SMAN 12 Bekasi untuk mengintrogasi I. Setelah selesai, sejumlah siswa histeris dan menangis setelah mendengar isu bahwa I akan dinonaktifkan.

"Beliau keluar dari ruangan anak-anak langsung mengelilingi beliau menangis meminta untuk beliau tidak dimutasi. Jadi saya sendiri juga nggak bisa ngomong apa-apa," kata Irnatiqoh.


Menurutnya, tidak ada yang menginisiasi aksi demo bela guru. Ia menyebut aksi itu terjadi secara spontan tanpa paksaan.

"Buat semuanya buat kami guru-guru murid juga menjadi pembelajaran yang sangat berharga karena apapun kan ini seolah-olah ya sudah takdirnya seperti ini. Jadi kita menyikapinya dengan yang sudah kita kembalikan lagi," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2