Pelajar Dilarang Rayakan Valentine, Kadisdik Bekasi: Hindari Mudarat

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 15:53 WIB
Bunga jadi salah satu hal yang paling diburu jelang hari kasih sayang. Para pedagang bunga di Pasar Rawa Belong pun kebanjiran order menyambut Hari Valentine.
Ilustrasi (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Dinas Pendidikan Kota Bekasi mengeluarkan edaran yang berisi larangan bagi pelajar SD dan SMP merayakan Valentine's Day atau hari kasih sayang. Edaran ini dibuat untuk menghindari kemudaratan yang dilakukan para pelajar dengan kedok perayaan Valentine's Day.

"Pertama alasannya kita kan gini untuk mencegah terjadinya kemudaratan dalam perayaan Valentine," kata Kadisdik Kota Bekasi Inayatullah saat dihubungi detikcom, Kamis (13/2/2020).

Perayaan Valentine dinilai lebih banyak mudaratnya ketimbang kemaslahatannya. Di sisi lain, perayaan Valentine dinilai tidak sesuai dengan visi Kota Bekasi sebagai kota cerdas, kreatif, maju, sejahtera, dan insan.

"Jadi kita penekanannya itu, insannya itu. Valentine itu (punya makna) bagus, tapi yang kita lihat banyak disalahgunakan," ujar Inayatullah.

Inayatullah menilai, Valentine's Day sering disalahartikan oleh kalangan pelajar. Kebanyakan para pelajar memanfaatkan momentum Valentine's Day untuk melakukan perbuatan yang cenderung melanggar norma-norma susila.

Selanjutnya
Halaman
1 2