Kata Damkar DKI soal Waktu Operasional Robot Pemadam: Tergantung Situasi

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 14:52 WIB
robot damkar
Robot damkar (Foto: Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta -

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) DKI Jakarta kini diperkuat dengan robot pemadam kebakaran (damkar) seharga puluhan miliar rupiah. Lantas, berapa waktu yang diperlukan untuk menyiapkan robot damkar ini bila situasinya darurat?

"Kalau operasionalnya tergantung kondisi di lapangan. Kan kondisi lapangan kita nggak tahu gimana," kata Kepala Dinas PKP DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, di Kantor Dinas PKP DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat (Jakpus), Kamis (13/2/2020).

Robot damkar ini dibeli untuk mengatasi kebakaran di terowongan MRT, LRT, dan gang-gang sempit. Robot damkar ini dioperasikan dengan remote control.

Di sisi lain Satriadi mengatakan respond time damkar adalah 8 menit. Respond time adalah waktu petugas damkar bergerak dari pos damkar sampai ke lokasi kejadian. Sementara waktu persiapan sebelum memadamkan api, lanjutnya, di luar waktu respond time.

Dia mengatakan 2 robot damkar yakni Dok-ing MVF-U3 dan LUF 60 akan ditempatkan di lokasi strategis dan terdekat bila terjadi kebakaran. Untuk sumber air, katanya, robot pemadam kebakaran memiliki tangki. Satriadi mengungkapkan pemakaian robot ini situasional atau 2 robot tidak akan digunakan bersamaan.

"Kalau open fighter kita menggunakan pengurai (robot Dok-ing MVF-U3). Kalau tunnel atau terowongan, di jalan sempit, kita menggunakan LUF 60," ujarnya.

"Oh ya harus punya alat ini karena memang tantangan ke depan MRT/LRT kan, ini menjadi jawaban. Jadi ini salah satu persyaratan juga, negara atau daerah yang memiliki MRT/LRT harus memiliki fasilitas penanggulangan kebakaran yang yang seperti yang kita lihat tadi," imbuhnya.

Video Atraksi Robot Damkar Rp 30-an Miliar Milik Pemprov DKI :

[Gambas:Video 20detik]

(dhn/dhn)