Dikritik soal Refomasi Birokrasi, Kemenag Banggakan Penghargaan MenPAN-RB

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Rabu, 12 Feb 2020 14:52 WIB
Rapat Komisi VIII dengan Kemenag di DPR (Foto: Azizah/detikcom)
Rapat Komisi VIII dengan Kemenag di DPR (Foto: Azizah/detikcom)
Jakarta -

Komisi VIII DPR mengkritik reformasi birokrasi di Kementerian Agama (Kemenag). Kritik disampaikan berkaitan dengan polemik Plt Dirjen Bimas Katolik hingga menyinggung kasus korupsi yang menyeret Kanwil Kemenag Jawa Timur.

Sekjen Kemenag Nur Kholis Setiawan pun menjelaskan soal reformasi birokrasi di Kemenag. Salah satunya adalah mewujudkan integritas yang bebas dari korupsi.

"Ketika kita misalnya menggaungkan reformasi birokrasi, bagaimana teknis yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan zona integritas di masing-masing satker misalnya. Kemudian mengembangkan zona atau wilayah bebas dari korupsi," kata Nur Kholis di dalam rapat di Komisi VIII, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Nur Kholis kemudian membanggakan penghargaan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian PAN-RB. Nur Cholis menegaskan pihaknya akan terus berusaha maksimal memperbaiki reformasi birokrasi di Kemenag.

"Dan sebagai indikator, tentu meskipun belum begitu banyak, kita kemarin di tahun 2019 mendapat penghargaan satker yang sudah WBK dari KemenPAN-RB sebagai leading sector dari pengembangan reformasi birokrasi. Artinya kami tetap tentu berusaha semaksimal mungkin," ujar Nur Kholis.

Terkait pengangkatan pejabat di lingkungan Kemenag, Nur Kholis mengatakan pihaknya berusaha melakukan asesmen secara lebih proporsional. Nur Kholis juga menampik jika kinerja di Kemenag dikatakan lambat.

"Oleh karena itu, ini ya terkait reformasi birokrasi yang juga ditanyakan mengapa kami katakanlah tadi disampaikan agak lambat di dalam melakukan penataan pejabat, sebetulnya tidak lambat karena kami konsentrasi ketika mengisi formasi yang kosong dengan mutasi dulu," tuturnya.

Simak Video "Praperadilan Kasus PAW DPR, MAKI Minta KPK Hadirkan Kompol Rosa"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2