Istana Bicara Foto Jokowi Salaman ke Politikus Australia Berpin Bintang Kejora

Andhika Prasetia - detikNews
Rabu, 12 Feb 2020 13:58 WIB
Presiden Jokowi di Canberra
Foto: Presiden Jokowi (Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Foto salaman Anggota Parlemen Australia Adam Bandt dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat bertemu di Australia ramai dibahas. Pihak Istana angkat bicara.

Dari foto yang beredar, Jokowi dan Adam bersalaman saat Kepala Negara RI mengunjungi gedung parlemen Australia di Canberra. Adam yang bersalaman dengan Jokowi, dalam foto yang beredar dan ramai jadi perbincangan, tampak mengenakan pin bintang kejora, yang diasosiasikan dengan pro-Papua merdeka.

Saat dimintai tanggapan, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut bahwa Jokowi tidak mungkin mengenali satu per satu orang yang disalaminya. Moeldoko sendiri turut ikut mendampingi Jokowi ke Australia.

"Ya Pak Jokowi kan orang baik. Semua disalami. Kan nggak bisa dikenali satu per satu. Saya kira itu yang senatornya," ujar Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2020).

Moeldoko lantas berbicara bahwa para anggota parlemen Australia memberikan tepuk tangan kepada Jokowi usai Presiden RI menyampaikan pidatonya. Jokowi memberikan pidato mengenai hubungan Indonesia-Australia sampai urusan pemindahan ibu kota.

"Pada dasarnya ya. Dari partai oposisi maupun dari pemerintah luar biasa apresiasinya terhadap Presiden pada saat beliau memberikan sambutan. Berdiri standing ovation lama itu. Karena Pak Jokowi nggak duduk. Sampai lima menit berdiri semua akhirnya nggak duduk juga," kata Moeldoko.

Moeldoko menambahkan, seusai momen itulah Jokowi bersalaman dengan para anggota parlemen Australia. Adam Bandt salah satunya.

"Nah di situ beliau menyalami semua yang ada di depan. Seperti biasalah. Disalami satu per satu. Di situlah enggak ngerti lah siapa satu per satu kan nggak ngerti. Namanya juga warga negara Australia. Mungkin terselip satu itu sehingga itu yang ketangkep kamera atau gimana ya," papar Moeldoko.

(dkp/gbr)